Kamis, 06 Oktober 2011

Gandeng Fadel, Suharso Bangun 16.000 Rumah Murah Nelayan



Jakarta - Menteri Perumahan Rakyat Suharso Monoarfa dan Menteri Kelautan & Perikanan Fadel Muhammad untuk membangun sekitar 16.000 unit rumah sangat murah nelayan di 2012 mendatang.

Suharso mengatakan, rumah murah ini akan dibanderol Rp 6-11 juta yang tujuannya meningkatkan kesejahteraan nelayan. Suharso dan Fadel menantangani kesepakatan rumah murah nelayan tersebut pada hari ini.

"Kami akan membangun sekitar 16.000 unit rumah sangat murah untuk nelayan. Lokasinya tersebar di seluruh Indonesia dan nantinya ditentukan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan," ujar Suharso seperti dikutip dari situs Kemenpera, Kamis (6/10/2011).

Hingga 2014 mendatang, imbuh Suharso, Kemenpera mengincar pembangunan 1 juta unit rumah murah. Pembangunan rumah murah tersebut terbagi dalam dua program yakni 650.000 rumah murah dan 350.000 rumah sangat murah. Untuk rumah sangat murah ini nantinya dibangun melalui program PNPM bidang perumahan dengan nilai bantuan sekitar Rp 6 juta hingga Rp 11 juta.

Salah satu syarat yang harus dipenuhi nelayan untuk memiliki rumah sangat murah tersebut adalah dengan menyediakan lahan untuk lokasi pembangunannya. Kemenpera nantinya membantu pembangunan prasarana, sarana dan utilitas (PSU) seperti jalan, sanitasi, listrik, air bersih serta sertifikasi lahan milik para nelayan tersebut.

"Meskipun mereka melaut sekitar 2 sampai 3 minggu, tapi mereka juga memiliki rumah untuk kembali. Tentunya kami juga tidak ingin mereka tinggal di rumah yang tidak layak huni. Adanya bantuan rumah sangat murah ini diharapkan baik nelayan maupun keluarganya bisa hidup lebih layak," ujarnya.

Suharso mengatakan, pemerintah telah melakukan perbaikan kampung nelayan di Desa Perilis dan Langkat Sumatera Utara.

"Sekitar 600 kepala keluarga telah menikmati hasil pembangunan perumahan Kemenpera. Ke depan, dirinya berharap perbaikan kampung nelayan bisa dilakukan minimal 50 hingga 100 unit atau lebih," kata Suharso.

Pemerintah tengah berjuang agar nelayan bisa mendapatkan kredit perumahan tanpa uang muka mellaui program Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) dengan cicilan sekitar Rp 225.000 per bulan selama 15 tahun

Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad mengungkapkan, berdasarkan data ada sekitar 70.600 desa di daerah pesisir dimana 36.400 desa ditempati oleh para nelayan. Dari jumlah desa tersebut sebanyak 10.600 desa dihuni oleh nelayan berpenghasilan rendah.


Sumber : www.finance.detik.com/gandeng-fadel-suharso-bangun-16000-rumah-murah-nelayan

Cari Rumah ?? Gak perlu 123, Hanya KITA Ahlinya  :-)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar