Cari Iklan Properti Rumah Apartemen Dijual Disewa - PropertyKita.com

Senin, 31 Oktober 2011

Tarif Hotel di Palembang Naik 30% Saat SEA Games



Jakarta - Tingginya permintaan kamar hotel di Palembang Sumatera Selatan menjelang hajatan SEA Games XXVI berdampak pada kenaikan tarif. Rata-rata para pengelola hotal sudah menaikkan tarif kamar sebesar 20-30%.

Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Selatan Herlan Aspiudin mengatakan fenomena kenaikan ini setidaknya sudah terjadi beberapa pekan terakhir. Meskipun secara resmi SEA Games akan berlangsung pertengahan November nanti, beberapa acara pra SEA Games seperti uju coba venue sangat mendorong permintaan kamar hotel di Palembang.

"Kalau tarif hotel sesuai dengan hukum ekonomi, permintaan naik maka harga naik, kita imbau anggota kalau pun naik yang wajar, besaran kenaikan berbeda-beda 20-30%, sudah mulai sejak sebulan, terutama hotel bintang," kata Herlan kepada detikFinance, Senin (31/10/2011)

Ia mengatakan kenaikan 20-30% merupakan hal yang wajar apalagi hajatan SEA Games akan hadir lagi di Indonesia mungkin 20 tahun mendatang. Ia mengilustrasikan kenaikan tarif suite room hotel berbintang 5 di Palembang dari Rp 8 juta menjadi Rp 10 juta per malam merupakan masih dalam batas ambang.

Menurutnya saat ini jumlah hotel berbintang di Palembang mencapai 25 hotel mencakup 3.000 kamar, didominasi oleh hotel berbintang 2 dan 3. Rata-rata tarif yang ditawarkan di rentang Rp 2-8 juta per malam.

"Permintaan sangat tajam, meningkat tajam sudah satu bulan lalu, percobaan venue-venue SEA Games juga mempengaruhi, sehingga banyak pengunjung lokal atau pun asing, okupansi (tingkat hunian) beberapa hotel sudah 100% terutama yang berbintang, kalau yang non bintang masih belum sampai," katanya.

Herlan menambahkan untuk mengantisipasi membludaknya permintaan kamar hotel, pihak panitia SEA Games telah menyiapkan dua kapal Pelni sebagai hotel laut. Jumlah kamar yang bisa disediakan dari dua kapal Pelni mencakup 200 kamar lebih dengan daya tampung sampai 500 orang

"Itu untuk wasit-wasit nasional sebanyak 570 orang ada di kapal, tapi kalau wasit yang internasional di hotel," katanya.


Sumber :  www.finance.detik.com/tarif-hotel-di-palembang-naik-30-saat-sea-games

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!


Agung Podomoro Raih Omzet Rp 3,3 Triliun dari Empat Proyek




Jakarta - PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN) mencatat marketing sales Rp 3,3 triliun hingga September 2011, naik 93% dari periode yang sama tahun lalu Rp 1,7 triliun.

Menurut Direktur Utama dan CEO APLN, Trihatma Kusuma Haliman, kontribusi penjualan didukung oleh empat proyek besar yakni Green Bay Pluit, Podomoro City, Green Lake Sunter dan Kuningan City.

Penyelesaian proyek yang lebih cepat menjadikan pengakuan penjualan tercatat pada laporan keuangan di triwulan III-2011. Dengan masuknya Emporium Pluit Mall dalam kinerja perseroan, mengakibatkan kontribusi pendapatan berkelanjutan (recurring income) juga naik dari 4,4% di triwulan III-2010 menjadi 10,7% di triwulan III-2011.

"Pencapaian ini melebihi dari yang kami perkirakan. Pengakuan penjualan dan pendapatan usaha lebih tinggi disebabkan oleh penyelesaian proyek yang lebih cepat. Kami juga telah berada di jalur yang tepat dalam meningkatkan recurring income dimana pendapatan sewa sekarang memberikan kontribusi hampir 11%," kata Trihatma dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (31/10/2011).

Penjualan APLN selama Januari hingga September mencapai Rp 2,7 triliun, melesat 86,3% dari periode yang sama tahun lalu Rp 1,4 triliun. Laba kotor mengikuti kenaikan sekitar 135% dari Rp 447,2 miliar menjadi Rp 1,051 triliun.

Laba bersih pun mencapai Rp 522,9 triliun, naik dari periode yang sama tahun lalu Rp 223,4 triliun. Laba yang diatribusikan kepada pemilik pun naik dari Rp 191,8 miliar menjadi Rp 448,8 miliar.


Sumber : www.finance.detik.com/agung-podomoro-raih-omzet-rp-33-triliun-dari-empat-proyek

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!


Pasar Properti Membaik, Intiland Ekspansi ke-4 Segmen

Ilustrasi. Foto: Koran SI

JAKARTA - Perusahaan pengembang properti PT Intiland Development Tbk (DILD) segera merilis sejumlah proyek baru di empat segmen produk berbeda.

Upaya ekspansi ini dilakukan melalui pembangunan proyek baru di segmen residential township & estate, high rise & mixed-use development, hospitality, dan industrial estate.

Direktur Pengelolaan Modal dan Investasi Intiland Archied Noto Pradono mengungkapkan pihak manajemen memutuskan untuk segera meluncurkan sejumlah proyek baru seiring membaiknya pasar properti nasional. Keputusan ini ditempuh mempertimbangkan tren pertumbuhan industri properti yang diperkirakan bakal bertumbuh sangat pesat di tahun depan.

"Kami percaya industri properti nasional akan bertumbuh pesat di tahun mendatang. Kondisi ini menjadi momentum bagi Indonesia menjadi salah satu tujuan investasi terbaik di Asia," kata Archied, dalam keterangan tertulisnya kepada okezone, Senin (31/10/2011).

Dikatakannya, pada segmen residential township & estate development, Intiland segera meluncurkan dua proyek baru yakni Graha Natura di Surabaya dan Serenia Hills di Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Selain itu, perseroan juga telah peluncurkan kluster-kluster baru di proyek-proyek yang sudah berjalan, seperti Talaga Bestari, Tangerang, dan Graha Famili di Surabaya.

Sementara unit-unit rumah di proyek Pinang Residences yang berlokasi di Jakarta Selatan, kini sudah habis terjual. Pada segmen produk mixed-use & high rise development, Intiland menyiapkan tujuh proyek baru yang tersebar di sejumlah lokasi.

Ketujuh proyek tersebut empat di antaranya berada di Surabaya yakni Spazio, apartemen Sumatera 36, National Hospital, dan Praxis. Proyek lainnya yakni Westone City, di Jakarta Barat, proyek TB Simatupang di Jakarta Selatan, dan sebuah proyek hunian plus komersial di dekat bandara internasional Sukarno-Hatta.

"Di segmen kawasan industri, kami masih fokus pada pengembangan Ngoro Industrial Park 2 seluas 240 hektare (ha). Sejak awal tahun ini, pembangunan Ngoro 2 sangat pesat, beberapa investor asing sudah masuk dan mendirikan pabriknya di sana," tuturnya lebih lanjut.

Kemajuan pesat lainnya terjadi pada segmen hospitality melalui pengembangan jaringan Whiz Hotel. Pada November dan Desember 2011, perseroan akan membuka dua hotel baru yakni Whiz Hotel Semarang dan Grand Whiz Hotel Kuta, Bali.

Pengembangan Whiz Hotel lainnya adalah tahapan pembangunan konstruksi Whiz Hotel Balikpapan serta diperolehnya lokasi baru untuk pembangunan hotel di Bogor, Makassar, Pekanbaru, Manado, Surabaya, dan Samarinda.

Archied optimistik penambahan proyek-proyek baru skala besar mampu menopang pertumbuhan kinerja Intiland secara berkelanjutan. Manajemen Intiland berusaha menggenjot pertumbuhan usaha, baik secara organik maupun non-organik, seperti akuisisi atau lewat kerjasama strategis.

"Kami selalu membuka pintu seluas–luasnya untuk melakukan kerja sama strategis dengan investor atau pemilik lahan untuk bisa sukses bersama-sama. Beberapa proyek baru skala besar saat ini juga berhasil kami kembangkan dengan konsep kerja sama strategis, termasuk untuk pengembangan jaringan Whiz Hotel," kata Archied



Sumber : www.economy.okezone.com/pasar-properti-membaik-intiland-ekspansi-ke-4-segmen

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!


Bakrieland Catat Laba Rp 129 Miliar, Naik 17%




Jakarta - Perusahaan properti grup Bakrie, PT Bakrieland Development Tbk (ELTY) mencatat laba bersih Rp 129,2 miliar hingga triwulan III-2011, atau naik 17,1% dari periode yang sama tahun lalu Rp 110,4 miliar.

Menurut Hiramsyah S. Thaib, Presiden Direktur & CEO Bakrieland, prestasi laba tidak lepas dari meningkatkan pendapatan perseroan sekitar 61% menjadi Rp 1,449 triliun, dari periode sebelumnya Rp 900,5 miliar.

Kontribusi city Property masih mendominasi pendapatan ELTY setara dengan Rp 939,9 miliar atau 64,8% dari total pendapatan Bakrieland. Untuk perumahan, memberi kontribusi pendapatan Rp 267,7 miliar dan Hotel, Resort dan Toll Road berkontribusi paling minim atau sekitar Rp 170,7 miliar dan Rp 71,5 miliar.

Dengan demikian, laba kotor perseroan ikut bertumbuh 33,5% menjadi Rp 596,6 miliar, dan laba usaha mencapai Rp 202,5 miliar atau naik 47,2% dari tahun lalu.

"Melihat kinerja dan pencapaian perseroan yang sudah melampaui pendapatan tahun 2010, Rp 1,37 triliun, manajemen semakin optimis dapat memenuhi target pertumbuhan pendapatan 30%," tegas Hiramsyah dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (31/10/2011).

Ia menambahkan, sepanjang Januari-September kontribusi pendapatan berkelanjutan (recurring income) mencapai Rp 516,8 miliar. "Angka ini akan cenderung meningkat seiring dengan peningkatan kinerja dari proyek-proyek yang baru beroperasi di tahun 2010 dan 2011, seperti Epicentrum Walk, Studio XXI, Bakrie Tower, Aston Bogor Hotel & Resort dan Jalan Tol Kanci-Pejagan serta Pullman Bali Legian Nirwana," tuturnya.


Sumber : www.finance.detik.com/bakrieland-catat-laba-rp-129-miliar-naik-17

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!


Mal Terus Mengepung Jabodetabek



TANGERANG, Pemerintah DKI Jakarta menerapkan moratorium mal, yakni melarang pembangunan mal berluas lebih 5.000 meter persegi di Ibu Kota hingga 2012. Setidaknya hingga tahun depan, Jakarta harus puas dengan mal yang sudah ada.

Toh, tampaknya mal tetap akan bertambah di tahun-tahun depan. Lembaga riset properti Colliers mencatat, di Jakarta selama 2012-2014 akan berdiri delapan hingga sembilan mal. Saat ini, separuhnya sedang dalam perencanaan (under planning).

"Yang diresmikan sekarang cuma hasil bangun sejak lama saja," kata Steve Sudijanto, Direktur Senior Pelayanan Ritel Colliers, Jumat (28/10/2011) kemarin.

Untuk di pinggiran Kota Jakarta, pembangunan mal juga terus ramai. Menurut Steve, 12 mal bakal lahir di Bodetabek dalam kurun 2012-2014. Kini, sekitar 10 di antaranya sudah dalam perencanaan.

Mal-mal anyar memang mulai bermunculan di pinggir Jakarta. Di Tangerang, saat ini pengembang tengah mengembangkan berbagai mal seperti Teras Kota, Tangcity Mal, Living World, Supermall Karawaci, Mall Metropolis Tangerang, dan The Breeze.

Pada Jumat, PT Summarecon Agung Tbk juga secara resmi mengoperasikan Summarecon Mal Serpong Fase 2 atau SMS2 (Baca: Summarecon Mal Serpong II Resmi Dibuka). Pihak Summarecon mengaku, peresmian tersebut merupakan perluasan saja. Luas mal yang tadinya 60.000 meter persegi itu kini menjadi 110.000 meter persegi. Nilai investasinya sekitar Rp 350 miliar.

Johanes Mardjuki, Presiden Direktur Summarecon, tak menampik pengembangan mal karena pengalihan peluang bisnis dari Jakarta. Sama halnya di Bekasi, Bogor, dan Depok, lahan di Tangerang masih luas. Ia menambahkan, moratorium di Jakarta penting karena kemacetan akibat mal sudah parah.

"Pembangunan mal jangan sampai merugikan sekitarnya. Inilah yang terjadi di Jakarta," kata Johanes.

Di Bekasi, PT Metropolitan Development (Metland) juga baru saja memulai pembangunan atau groundbreaking Grand Metropolitan Mal. Nanda Widya, Presiden Direktur Metland, menargetkan mal seluas 104.000 meter persegi itu bisa beroperasi tahun depan.

"Biar orang Bekasi tak usah jauh-jauh ke Jakarta kalau mau belanja," kata dia.


Sumber : www.properti.kompas.com/Mal.Terus.Mengepung.Jabodetabek

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!

Melirik Potensi Bogor di Bogor Valley Condotel



JAKARTA, Sektor properti optimistis tidak terkena dampak adanya kecemasan terhadap penurunan ekonomi global akibat lambatnya pemulihan ekonomi Amerika Serikat dan Eropa. Sebaliknya, properti di beberapa kota besar di Indonesia diyakini akan mengalami peningkatan permintaan.

Bogor merupakan salah satu kawasan yang mengalami peningkatan permintaan yang besar. Hal itu dikarenakan meningkatnya aksesibilitas di kota hujan ini, terutama setelah adanya Bogor Outer Ring Road (BORR).

Saat ini, Bogor bukan hanya dikenal sebagai tujuan wisata, melainkan juga tempat meeting, incentive, convention, and exhibition (MICE). Hal itulah yang membuat hotel-hotel berbintang di Bogor, khususnya yang berfasilitas MICE, mempunyai tingkat hunian cukup tinggi.

Potensi pasar yang besar itu mendorong Binakarya Propertindo Group (BPG)  mengembangkan Bogor Valley Condotel, sebuah perpaduan konsep hotel dan apartemen hak milik strata title dalam satu kawasan. Lokasinya berada di arteri sentra bisnis Bogor, yaitu di Jalan Sholeh Iskandar, yang bisa dicapai dari arah Jakarta lewat Tol Jagorawi dan di Pintu Tol Sentul Selatan tanpa perlu memasuki Kota Bogor.

Selain kawasan ini dilalui angkutan umum 24 jam, fasilitasnya juga lengkap, mulai kolam renang anak ataupun dewasa sampai sky garden. Adapun sky garden merupakan salah satu konsep yang menjadi ciri khas dari setiap proyek yang dikembangkan BPG.

Head of Corporate Communication BPG Endang Susilomurti, saat dihubungi di Jakarta, Sabtu (29/10/2011), mengatakan, proyek ini rencananya dibangun di atas lahan seluas 0,6 hektar dengan tiga tower. Dua tower dibangun untuk apartemen, satu lainnya untuk hotel dengan view Gunung Salak, Pancar, dan Bukit Hambalang.

"Saat ini, kami sedang test market terhadap dua unit apartemen yang ada untuk mengetahui sejauh mana produk ini diserap masyarakat," ujar Endang.

Ia menambahkan, setelah mendapatkan izin prinsip nomor 556.2/IPPT.427.BAPPEDA tertanggal 5 Agustus 2011 lalu, pihaknya mulai berupaya melihat potensi pasar untuk produk apartemen. Pada masa tes pasar ini, pihaknya mencoba memberikan penawaran mulai dari Rp 130 juta-an dan telah menerima pemesanan hingga 25 persen dari sekitar 500 unit yang akan ditawarkan.

Kondotel dilirik

Terkait adanya konsep kondotel dan apartemen dalam satu kawasan, CEO BPG Go Hengky Setiawan mengatakan, BPG ingin memberikan pilihan untuk masyarakat yang ingin berinvestasi. Menurut dia, bagi beberapa kalangan yang ingin memiliki investasi properti hunian, apartemen akan lebih cocok karena selain menjadi sarana berinvestasi juga dapat ditempati sendiri atau disewakan.

"Sedangkan bagi masyarakat yang murni ingin berinvestasi, mungkin lebih melirik kondotel sebab nantinya return of investment bisa mereka peroleh tanpa harus memikirkan pengoperasian unit yang telah dibeli," kata Hengky.  

Sementara itu, menurut Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch (IPW) Ali Tranghanda, pasar properti di Jabodetabek masih terus memperlihatkan tren pertumbuhan yang baik di 2012 nanti. IPW mencatat, apartemen kelas atas naik 8 persen pada semester I tahun 2011 dibandingkan dengan semester II tahun lalu, dan apartemen kelas menengah meningkat 3 persen dari semester sebelumnya. Sementara pusat perdagangan turun 6 persen dari semester II 2010, rumah kelas bawah naik 13 persen dari posisi semester sebelumnya, dan rumah menengah-mewah naik tertinggi sebesar 18 persen.


Sumber : www.properti.kompas.com/Melirik.Potensi.Bogor.di.Bogor.Valley.Condotel

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!

Biaya yang Perlu Disiapkan untuk Membeli Rumah



Melaksanakan niat membeli rumah bisa dimulai dengan langkah-langkah yang sederhana. Apa saja kira-kira?

Hal pertama bisa Anda lakukan adalah mencatat sejumlah kebutuhan yang dapat diakomodasi dalam rumah yang akan kita beli. Semisal, luas halaman, jumlah kamar tidur, dan kamar mandinya, perlukah garasi atau cukup car port.

Selanjutnya, Anda bisa segera mengunjungi pameran-pameran properti. Biasanya, di arena pameran itulah ditawarkan banyak pilihan tipe dan harga rumah.

Tahapan selanjutnya adalah menyiapkan pendanaan. Uang yang pertama kali Anda keluarkan dalam membeli rumah umumnya terkait dengan uang muka (DP), biaya pemesanan bila membeli dari pengembang, dan biaya pengurusan surat atau legalitas calon rumah Anda. Berikut ini beberapa jenis biaya tersebut:

Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB)

Sesuai Pasal 5 UU Nomor 21/1997, tarif pajak BPHTB adalah 5 persen dari Nilai Perolehan Objek Kena Pajak (NPOKP). NPOPKP adalah Nilai Perolehan Objek Pajak (NPOP) dikurangi dengan Nilai Perolehan Tidak Kena Pajak (NPOPTKP). Akta Jual Beli (AJB).

Perlu dicatat, bahwa tanpa AJB, Anda akan kesulitan dalam mengurus sertifikat di Kantor Pertanahan. AJB juga menjadi bukti autentik secara hukum, bahwa Anda telah membeli tanah atau bangunan secara tunas.

Bea Balik Nama (BBN)

Biaya ini adalah untuk proses balik nama sertifikat properti dari penjual ke pembeli. Untuk rumah yang dibeli dari pengembang, BBN biasanya sudah diurus oleh pengembang dan Anda tinggal membayarnya saja. Besarnya biaya BBN biasanya berbeda di setiap daerah.

Provisi

Saat membeli rumah dengan KPR, Anda akan dikenai biaya provisi guna mendapatkannya dari bank. Biaya ini dipungut pihak perbankan dari debitur (pembeli).

Besarnya biasa provisi berbeda di setiap bank dengan menggunakan persentase dari besarnya nominal yang dicairkan. Biaya ini umumnya digunakan untuk keperluan administrasi dan lain-lain.

Asuransi

Anda juga diwajibkan membayar biaya asuransi jiwa, asuransi kebakaran, dan biaya perjanjian kredit. Asuransi amat dibutuhkan dalam proses pinjaman guna menjamin agar di kemudian hari tidak terjadi kredit macet.

Akta Pemberian Hak Tanggungan (APHT)

Akta ini merupakan jaminan pelunasan hutang debitur (pembeli) kepada kreditur (bank), terkait dengan perjanjian kredit.

Dilihat sekilas, tampaknya memang tak mudah mewujudkan sebuah rumah impian. Butuh dana yang tidak sedikit dalam realisasinya. Untuk itu, rencanakan tujuan Anda secara matang.


Sumber : www.properti.kompas.com/Biaya.yang.Perlu.Disiapkan.untuk.Membeli.Rumah

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!


Panduan Beli Rumah untuk Pasangan Muda



Membeli rumah pertama memang tak mudah. Apalagi, jika Anda termasuk pasangan muda. Karena beberapa alasan, sering terjadi, maksud hati ingin membeli rumah impian, apa daya sulit terwujud.

Biasanya, pasangan muda lebih memilih rumah yang berlokasi di pinggir kota Jakarta. Namun, hal ini bisa diakali jika Anda memilih daerah pinggir yang sarana transportasinya cukup memadai. Plus, dambaan hidup tenang, segar, dan nyaman akan didapat.

Selain itu, para pasangan mudah yang akan membeli rumah pertama sebaiknya lebih memperhatikan perhitungan biaya penghasilan antara suami-istri untuk angsuran per bulan. Biasanya, usia di bawah 30 tahun, bank memungkinkan KPR hingga 15 tahun. Pun, sebaiknya mereka memperhatikan fasilitas di sekitar kawasan tersebut, seperti pendidikan dan mal.

Ketua Umum REI 2010-2013 Setyo Maharso pernah menyarankan, sebaiknya pasangan muda mencari rumah pertama membeli melalui pengembang yang ikut organisasi. Selain itu, sebaiknya mereka juga memilih lokasi dekat dengan usaha yang tentu sesuai dengan isi kantungnya.

Bantuan bank

Memang, bicara isi kantung dengan keinginan membeli rumah tak ada habisnya. Penghasilan tetap berjalan lambat, sedangkan harga rumah terus berlari kencang. Akhirnya, banyak orang yang memilih membeli rumah dengan bantuan bank.

Seperti pernah dipaparkan dalam artikel di Kompas.com berjudul 8 Tips Lebih Jeli Memilih Rumah, meminjam uang di bank memang masih merupakan cara mendapatkan rumah impian. Hanya, cara ini tak akan pernah terwujud jika nama Anda telah "dicoret" dalam daftar calon peminjam oleh salah satu bank tempat Anda pernah meminjam dana sebelumnya. Maka, sebelum menjemput rumah impian, pastikan tak ada informasi yang salah tentang alur pinjaman kredit Anda, atau tak ada kekeliruan nilai kredit.

Selain itu, sebaiknya Anda pun tak ragu bertanya kepada teman atau saudara anda yang pernah menggunakan jasa peminjamnnya. Ajak mereka berbagi pengalaman dan mereferensikan Anda pada bank yang memang punya kredibilitas.

Hal penting lainnya, jika ada rencana pembangunan jalan tol di kawasan perumahan yang Anda cari, jangan ragu membeli rumah tersebut sebelum harganya melambung naik. Maklum, beberapa perumahan memang menetapkan harga rumah yang selangit karena infrastrukturnya sudah lengkap.

Pembangunan jalan tol, misalnya, bisa membuat harga rumah naik 50 persen. Jika semuanya sudah beres, Anda jangan lupa juga menyisihkan alokasi biaya tambahan, seperti untuk dana asuransi, pajak, dan juga biaya konsultasi atau administrasi. Jumlah ini harus dianggarkan sebagai pembayaran tambahan setiap bulan, selain jumlah yang harus Anda bayarkan untuk angsuran rumah. Jangan lupa, siapkan juga dana perbaikan dan perawatan rumah.


Sumber : www.properti.kompas.com/Panduan.Beli.Rumah.untuk.Pasangan.Muda

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!

Jumat, 28 Oktober 2011

Raih Estetika Melalui Tangga



Dengan penataan tepat, tangga bisa menjadi fokus desain dalam ruang, yang memberi esensi lebih pada penataan ruang secara keseluruhan. Dalam hal ini, faktor utama harus diperhatikan adalah ketersediaan ruang untuk dijadikan area tangga.

Mendandani rumah bisa menjadi pekerjaan yang tak kunjung usai. Area tangga, sebagai penghubung dua lantai, tentu bisa menjadi bagian yang ditata seapik mungkin demi meningkatkan estetika rumah. Berikut tips untuk Anda melakukan penataannya:

Bentuk

Banyak desain tangga bisa dijadikan inspirasi untuk mencapai nilai estetika yang Anda inginkan. Anda bisa memilihnya, baik itu desain tangga berbentuk lurus, setengah lingkaran, spiral, atau menyerupai huruf "U", dan sebagainya.

Faktor keamanan

Demi estetika bukan berarti Anda melupakan begitu saja faktor keamanan. Hal itu terutama dengan pertimbangan anak balita atau lansia di rumah Anda. Untuk itulah, keberadaan handrail mutlak diperlukan, terutama pegangan tangga dengan bagian sisi yang juga tertutup demi melindungi anak tak terjatuh saat meniti anak-anak tangga.

Tinggi

Masih terkait faktor keamanan dan kenyamanan, sebaiknya tinggi anak tangga sekitar 20-25 cm. Lebih dari itu, titian anak tangga membuat kaki cepat lelah saking tingginya. Sementara untuk lebar, setidaknya tak lebih dari 25 cm. Hal ini agar tangga tetap memberi kenyamanan bagi kaki saat menapak.

Bordes

Ada baiknya, apabila jumlah anak tangga banyak, Anda membuat area bordes atau tempat berhenti sementara. Area ini jamak dipersiapkan untuk menyiasati agar tak cepat lelah saat menaiki anak tangga.

Penutup tangga

Tanpa mengurangi estetika, langkah selanjutnya perlu disiapkan adalah menentukan jenis penutup anak tangga dan warnanya. Berhubung tangga menjadi area peralihan yang menghubungkan lantai atas dan bawah, harmonisasi desain secara keseluruhan perlu diperhatikan. Pemakaian warna-warna netral tentu lebih "aman", karena cenderung cocok disandingkan dengan beragam warna lain, sebutlah seperti putih, abu-abu, atau cokelat.

Bahan penutup

Bahan penutup anak tangga pun sangat beragam, tergantung gaya desain yang Anda inginkan. Biasanya, agar memberi kesan mewah, lantai berbahan marmer atau lantai keramik berlapis glossy banyak digunakan.

Namun, tak ada salahnya menggunakan karpet yang lebih aman karena tidak licin. Sementara, motif kayu mampu memberi kesan hangat sekaligus mengentalkan gaya natural di rumah.

Tentunya, masih banyak lagi gaya desain tangga yang bisa Anda terapkan di rumah. Hanya saja, semua itu berpulang pada kebutuhan tempat, dana, serta tampilan yang ingin dihasilkan.

Selamat berimprovisasi!


Sumber : www.properti.kompas.com/Raih.Estetika.Melalui.Tangga


Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!

Asyik, ITB Bangun Rusunwa di Kampus Jatinagor

foto: itb.ac.id

BANDUNG - Institut Teknologi Bandung (ITB) kampus Jatinangor yang terletak di  Kabupaten Sumedang akan memiliki rumah susun sederhana sewa (rusunawa). Kehadiran rusunawa bagi mahasiswa ITB Jatinangor ini, salah satunya untuk mengurangi kekumuhan perkotaan Jatinangor dan keberadaannya harus benar-benar menjadi daya tarik bagi mahasiswa.

Rektor ITB Akhmaloka menyatakan, dengan adanya rusunawa tersebut, akan memudahkan dan menjadikan kampus ITB Jatinangor menjadi multi-kampus. Kampus Jatinangor sendiri, menurutnya, lebih luas jika dibandingkan dengan kampus Ganesha,

"Kampus ITB Ganesa dengan jumlah mahasiswa 20 ribu lahannya hanya 25 hektare. Sedangkan kampus ITB Jatinangor luasnya mencapai 47 hektare," kata Akhmaloka, yang dikutip laman ITB, Jumat (28/10/2011).

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mengatakan, banyak pembangunan rusunawa khususnya untuk kalangan kampus tidak mendapat perhatian para mahasiswa karena tidak ada daya tarik bagi mahasiswa.

"Kita telah membangun rusunawa di berbagai perguruan tinggi, namun kehadirannya kurang mendapat perhatian mahasiswa untuk menempatinya," kata Djoko.

Kehadiran rusunawa untuk kalangan mahasiswa, lanjutnya, sebenarnya telah berlangsung sejak tahun 2003. Adapun universitas yang telah memiliki rusunawa yaitu di Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Universitas Andalas, Medan dan kini ITB di Jatinangor.

"Saya berharap keberadaan rusunawa ITB ini benar-benar dimanfaatkan oleh mahasiswa," kata Djoko Kirmanto


Sumber : www.kampus.okezone.com/asyik-itb-bangun-rusunwa-di-kampus-jatinagor

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!


Membuka Lagi Ruang-ruang yang Tertutup



Pengembangan yang kurang terencana maupun keterbatasan lahan kerap membuat sebuah ruangan di dalam rumah kurang maksimal mendapatkan cukup bukaan. Pencahayaan dalam ruangan jadi minim dan mengkhawatirkan karena terlalu tertutup.

Kurangnya pencahayaan dan pengudaraan di dalam rumah menyebabkan rasa kurang nyaman timbul, dan ruangan pun tidak sehat untuk dihuni. Tak ada jalan lain, perbaikan harus segera dilakukan.

Namun, di ruangan tertutup semacam ini, membuat jendela seperti biasa rasanya tidak memungkinkan. Untuk itu, perlu upaya lain dilakukan agar cahaya dan udara segar masuk ke dalamnya.

Beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kondisi ruang tertutup itu antara lain:

Pencahayaan alami

Salah satu upaya bisa dilakukan adalah membentuk pencahayaa alami melalui plafon. Ganti beberapa keping genting yang terletak tepat di atas ruang tertutup tadi dengan jenis genting transparan.

Tak hanya itu, karena plafon di bawahnya pun sebaiknya diganti dengan material transparan seperti polikarbonat. Dengan begitu, cahaya matahari dapat langsung menerangi ruang dan menghilangkan kelembapan.

Blok kaca

Pemasangan blok-blok kaca atau glass block juga bisa dilakukan. Caranya, bobok dinding bagian atas yang berhubungan langsung dengan ruang luar rumah dan isi hasil bobokan itu dengan glass block. Cara ini akan membantu ruang mendapatkan penerangan alami.

Lubang angin

Memberi pencahayaan alami juga bisa Anda upayakan dengan memasang lubang angin pada bagian atas dinding. Saat ini, bermacam blok-blok berlubang sudah tersedia di toko bangunan dan dapat dipasang langsung di salah satu dinding setelah disesuaikan ukuran dan motif dindingnya. Agar sirkulasi udara lebih maksimal keluar masuk, pasang lubang angin ini di kedua sisi dinding yang berseberangan.

Udara menyilang

Anda juga bisa memasang blok lubang angin di dinding bagian bawah yang berdekatan dengan lantai. Lebih optimal lagi jika di sisi dinding yang berseberangan dipasang blok lubang angin di bagian atas. Cara ini akan menciptakan pengudaraan menyilang dari bawah ke atas, sehingga aliran udara pun dapat dirasakan tubuh.


Sumber : www.properti.kompas.com/Membuka.Lagi.Ruang-ruang.yang.Tertutup

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!

Ini Jurus Agar Tak Terjebak Saat Membeli Tanah




Jakarta - Banyak konsumen harus menyesal seribu kali setelah mengetahui tanah yang ia beli ternyata bermasalah. Belajar dari pengalaman ini ada beberapa hal sepele yang harus diperhatikan konsumen saat akan membeli properti tanah.

Property Lawyer Erwin Kallo mengatakan sering kali konsumen sangat tergiur dengan lokasi tanah yang bagus yang diiming-imingi harga tanah murah namun seringkali pula orang kecewa bahkan jadi stres, karena ternyata tanah yang mereka beli bermasalah.

Menurutnya slogan teliti sebelum membeli harus menjadi pegangan para konsumen yang akan membeli tanah terutama bagi yang belum pernah sama sekali. Ia mencatat setidaknya ada ciri-ciri tanah yang bermasalah.

"Tanah bermasalah dapat dibagi dua, masalah peruntukan atau perizinan dan masalah kepemilikan," kata Erwin kepada detikFinance, Jumat (28/10/2011)

Ia menjelaskan tanah yang bermasalah terkait peruntukan atau perizinan adalah tanah-tanah yang letaknya terkena perencanaan tata kota. Sehingga jika ada orang membelinya akan sulit mendapatkan perizinan seperti Izi Mendirikan Bangunan (IMB). Misalnya seperti tanah yang sudah masuk dalam rencana pelebaran jalan, pelebaran sungai, Penyempurna Hijau Umum (PHU) dan Penyempurna Hijau Taman (PHT).

Erwin menambahkan khusus untuk tanah yang bermasalah karena terkait kepemilikan, antaralain tanah-tanah yang terdapat atau berpotensi terjadi sengketa kepemilikan seperti sengketa terhadap objek tanah seperti batas-batas tanah atau sengketa tentang pihak yang berhak atas tanah tersebut.

Sehingga jika ada konsumen yang membelinya, maka tidak akan segera mendapat bukti atau hak sertifikat tanah apalagi membangunnya, sebelum sengketa tanah di antara para pihak tersebut selesai.

"Apesnya lagi jika kita membeli dari pihak yang salah atau yang tidak berhak, karena sepanjang terdapat sengketa hukum yang berlangsung atas tanah tersebut maka segala bentuk peralihan hak dan izin membangun akan dihentikan, rugilah kita jika membeli tanah yang seperti itu," katanya.

Berikut ini cara mengenali tanah bermasalah:
  • Jika mengenai peruntukan perizinan, sebaiknya konsumen memeriksa atau meminta keterangan ke dinas tata kota setempat, lebih pastinya dapat minta diterbitkan advise planning di lokasi tanah tersebut.
  • Jika tanah tersebut sudah bersertifikat, konsumen dapat mengecek Surat Keterangan Pendaftaran Tanah (SKPT) ke Badan Pertanahan Nasional (BPN) setempat untuk mengetahui riwayat tanah dan apakah tanah sertifikat tanah tersebut dalam keadaan diblokir karena bermasalah.
  • Jika tanah tersebut belum bersertifikat atau masih berupa girik, maka konsumen dapat meminta Keterangan Riwayat Tanah di Kelurahan setempat untuk mengetahui apakah tanah tersebut bermasalah atau sebaliknya.

Sumber : www.finance.detik.com/ini-jurus-agar-tak-terjebak-saat-membeli-tanah

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!


Pengembangan Wisata Tanjung Lesung Telan Dana Rp 3,8 Triliun




Jakarta - Pemerintah pada tahun ini menetapkan beberapa wilayah yang ingin dibidik untuk menjadi Kawasan Ekonomi Khusus sektor parawisata, salah satunya adalah Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten. Investasi yang dibutuhkan untuk mengembangkan wilayah tersebut sebesar Rp 3,8 triliun.

Demikian disampaikan Deputi Bidang Infrastruktur Menko Perekonomian Lucky Eko yang ditemui di Kantor Menko Perekonomian, jalan Lapangan Banteng, Jumat (28/10/2011).

"Di sana itu investasinya sekitar Rp 3,8 triliun. Apalagi jika nanti didukung dengan pembangunan Jembatan Selat Sunda. Jadi daerah situ bisa berkembang," tuturnya.

Dengan adanya pembangunan kawasan pariwisata di Tanjung Lesung tersebut, nantinya diharapkan investor asing dapat masuk ke wilayah tersebut.

"Jadi itu pengembangnya orang dalam (investor lokal) supaya mereka mendorong investor luar negeri untuk masuk ke sana. Wilayah ini kan sifatnya pariwisata jadi diharapkan ada investasi untuk pembangunan hotel dan sebagainya," ungkap Lucky.

Dikatakan Lucky pihak investor juga berharap ada pembangunan jalan tol dari Serang. Meski keterangan terbaru dari Wakil Menteri Pekerjaan Umum menyampaikan pembangunan tol tersebut masih dalam pra studi kelayakan.

Seperti diketahui, pemerintah pada tahun ini menargetkan minimal dua wilayah Kawasan Ekonomi Khusus. Sejauh ini wilayah yang berpotensi adalah Sei Mangkei sebagai kawasan khusus industri hilir sawit dan Tanjung Lesung sebagai kawasan wisata.


Sumber : www.finance.detik.com/pengembangan-wisata-tanjung-lesung-telan-dana-rp-38-triliun

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!


Agar Bantal Sofa Menarik Perhatian



Bantal yang terdapat pada sofa atau kursi memang ukurannya tidak besar. Namun perannya dalan ruang cukup penting. Bantal yang menarik akan menjadi pusat perhatian ruang.

Namun, untuk memilih bantal yang tepat juga bukan hal mudah. Berikut beberapa hal perlu diperhatikan sebelum memilih bantal:

Ukuran dan bentuk

Sesuaikan model furnitur dengan ukuran dan bentuk bantal. Sofa yang besar dan lebar cocok disandingkan dengan bantal yang juga berukuran besar. Tetapi kursi ramping tanpa sandaran akan lebih pas dengan bantal panjang yang bentuknya menyerupai guling.

Warna

Padukan warna sarung bantal dengan skema warna ruang secara keseluruhan. Warna bantal tidak harus sama dengan warna perabot. Bantal ini justru dapat menjadi aksen di ruang yang tampil senada. Misalnya, ruang kecokelatan diberi aksen bantal oranye atau merah.

Motif

Perhatikan motif yang ada pada ruang. Selain bantal, gorden dan sofa umumnya memiliki motif sendiri. Pada ruang yang sudah teralalu banyak motif, bantal sebaiknya polos agar ruang tidak terkesan ramai. Sebaliknya, di ruang yang polos, bantal bermotif dapat menjadi pencuri perhatian.


Sumber : www.properti.kompas.com/Agar.Bantal.Sofa.Menarik.Perhatian

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!


Begitu Pentingnya Jendela di Dapur



Aliran udara dan cahaya adalah unsur penting yang membuat dapur selalu nyaman. Maka, keberadaan jendela di dapur menjadi sangat penting.

Memasak memang mengasyikkan. Kita bahkan bisa lupa waktu saat memasak masakan kegemaran. Namun, apa jadinya jika aktivitas ini justru membahayakan kesehatan?

Oksigen yang terbakar oleh api kompor tak tergantikan oleh aliran udara baru, sehingga ruangan pun menjadi sumpek. Untuk itulah, adanya jendela mengurangi buruknya kualitas udara di dapur.

Selain udara, jendela pun meneruskan cahaya yang bisa menerangi dapur dan mencegah udara di dapur jadi lembap. Kelembapan udara bisa menumbuhkan organisme yang merugikan di dapur.

Jendela di dapur bisa Anda letakkan di area dapur yang lebih lembap, yaitu di area cuci. Ukuran jendela bisa disesuaikan dengan lebar area mencuci.

Anda juga bisa menempatkan jendela berkaca mati, tanpa engsel, namun sebaiknya tetap memiliki lubang udara yang meneruskan aliran udara dari luar ruangan. Lubang udara di bagian atas bermanfaat untuk mengeluarkan udara panas yang mengalir ke bagian atas.

Jangan lupa, Anda harus selalu membersihkan jendela dalam kurun waktu maksimal 3 bulan sekali. Hal ini harus dilakukan karena seringkali uap minyak menempel di lubang dan merusak kusen jendela.

Sumber : www.properti.kompas.com/Begitu.Pentingnya.Jendela.di.Dapur

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!


Tekan Harga, Pengembang Properti Boleh Pangkas Tipe Rumah




Jakarta - Demi menekan harga rumah tapak sederhana (RTS) tipe 36, pengembang properti dibolehkan membangun rumah dengan luasan tertutup lebih kecil, yaitu dengan ukuran 27 m2.

Hal ini untuk menyiasati ketentuan wajib membangun RTS dengan luas lantai 36 m2 sesuai amanat UU No 1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Pemukiman pasal 22 ayat 3.

Deputi Perumahan Formal Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) Pangihutan Marpaung mengatakan berdasarkan kesepakatan pemerintah dengan pengembang bahwa ketentuan wajib membangun RTS minimal tipe 36 akan berlaku efektif Februari 2012. Namun pengembang mengaku jika ketentuan itu diberlakukan maka harga rumah di bawah Rp 70 juta (bebas PPN) bakal sulit terwujud.

Rencananya akan dibuat ketentuan bahwa pengembang boleh membangun rumah tipe 27 namun dengan luasan lantai tetap dengan ukuran 36. Pengembang hanya akan membangun konstruksi rumah yang tertutup dengan ukuran 27 m2 sementara sisa luasan lantai 9 m2 dibiarkan terbuka alias tak tertutup dinding namun tetap beratap.

"Nanti akan dituangkan dalam PP (peraturan pemerintah). Kan dalam UU soal perumahan dan permukiman ditentukan luas lantai 36, tapi memang dalam undang-undang tak dijelaskan terutup atau terbuka," katanya.

Pangihutan mengatakan selama ini berdasarkan survei di lapangan umumnya konsumen memiliki kemampuan untuk menambah sendiri atau merenovasi rumah yang mereka telah beli.
Walaupun berdasarkan penelitian batas minimal luasan rumah per orangnya minimal 7,2 m2 artinya jika satu keluarga dihitung ada 4 orang maka luasan minimal sebuah rumah yang layak adalah 28,8 m2.


Sumber : www.finance.detik.com/tekan-harga-pengembang-properti-boleh-pangkas-tipe-rumah

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!


"Linoleum", Pelapis Lantai Ramah Lingkungan



Sudah semestinya kita semakin sadar, bahwa kualitas hidup kita selalu ditunjang oleh penggunaan material yang ramah lingkungan. Tak perlu jauh-jauh, di rumah pun kita bisa melakukannya, terutama pada pemilihan bahan material bangunan.

Pemakaian pelapis lantai, misalnya. Untuk konsep ramah lingkungan, kita bisa meniru masyarakat di Eropa dengan memakai bahan pelapis yang disebut dengan linoleum.

Saat ini, linoleum telah didesain dengan beragam warna dan corak sehingga mengikuti tren lantai yang ada. Bahan ini elastis dan terbuat dari komponen organik dan anorganik.

Kelebihannya, linoleum mudah diurai kembali oleh tanah jika bahan ini tak lagi digunakan. Selain itu, ketahanannya terhadap panas, termasuk, lebih baik dibandingkan plastik atau kain.

Sisi ramah lingkungan lain dari linoleum adalah dibuat dari bahan alami yang terukur dan dihasilkan dari sumber daya mudah diperbaharui. Sedikitnya, ada enam bahan utama untuk membuatnya, yaitu jute, pigment, rasin, linseed oil, limestone, serta woodfloor.

Khusus untuk pemakaian pada lantai, linoleum dikategorikan menjadi tiga produk, yaitu marmoleum yang menampilkan motif-motif warna dan corak alami, kemudian artoleum dengan corak kayu, serta walton yang menghasilkan beragam corak bertekstur.

Selain ramah lingkungan, bahan dengan ketebalan kurang dari 5 mm dan panjang satu gulung mencapai 32 meter ini juga mudah dibersihkan dan digunakan sesuai kebutuhan. Untuk itu, pelapis lantai jenis ini cocok bukan saja untuk kebutuhan rumah  tinggal, melainkan juga hotel, perkantoran, atau rumah sakit.

Soal pemasangan, pelapis lantai linoleum juga tidak sulit, karena hanya memerlukan permukaan lantai rata, seperti pada lantai semen dan kemudian ditempelkan memakai perekat khusus. Sebuah poin plus ramah lingkungan jika perekatnya pun terbuat dari bahan ramah lingkungan.

Mau coba?


Sumber : www.properti.kompas.com/.Linoleum.Pelapis.Lantai.Ramah.Lingkungan

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!

Berselancar di Internet, Berburu Rumah Idaman



JAKARTA, Mengklaim punya lebih dari 120.000 informasi tempat tinggal dan komersial, Rumah.com resmi resmi diluncurkan untuk membantu jual beli, sewa, dan investasi berbagai tipe properti. Situs masuk dalam jaringan portal PropertyGuru yang berbasis di Singapura.

"Namanya simpel dan mudah diingat, sehingga memudahkan pengguna yang hendak membeli atau menjual properti mereka dengan nyaman," kata Steve Melhuish, CEO and Co founder PropertyGuru Grup, di Jakarta, Rabu (26/10/2011) kemarin.

Steve mengatakan, lalu lintas situsnya tumbuh dengan baik hingga 50 persen. Ia mengatakan, situs ini menjanjikan direktori perumahan, lengkap dengan foto dan informasi mengenai lokasi.

"Sementara para calon pembeli mencari berdasarkan harga dan lokasi," ujarnya.

Sampai saat ini, situs yang berdiri sejak 2007 ini memiliki lebih dari 11 ribu anggota terdaftar dilengkapi fitur mencari tipe properti, mulai hunian sampai industri.

Sementara itu, menurut President Director Rumah.com, Harlow G Russell, misi dari situs ini adalah menciptakan sumber informasi terlengkap mengenai properti di Indonesia.

"Misinya agar orang dapat menemukan tempat tinggal idaman mereka," kata dia.

Sebelumnya, seperti diberitakan KOMPAS.com, Rabu (26/10/2011) Darmadi Darmawangsa, Ketua Asosiasi Real Estat Broker Indonesia (Arebi), mengatakan bahwa portal menjadi kanal marketing baru bagi broker dan pengembang.

Namun, pengembang jangan berharap banyak dahulu lewat metode ini. Sebab, umumnya pembeli properti berusia 40 tahunan. Sementara pada periode usia itu kecenderungannya konsumen properti jarang yang rajin mengakses internet untuk mencari rumah atau apartemen.

"Sebab, orang pikir-pikir mau beli online, biasanya lihat langsung. Sekalipun seken, tetap lebih aman kalau lihat langsung," kata dia.


Sumber : www.properti.kompas.com/Berselancar.di.Internet.Berburu.Rumah.Idaman

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!

"Pakem-pakem" yang Membuat Desain Tampak Harmonis




Masih banyak "pekerjaan rumah" yang harus diselesaikan demi menciptakan rumah yang tak hanya cantik, namun juga nyaman dihuni setelah Anda membelinya. Tak bisa dikatakan mudah, tetapi sebaliknya juga tak sulit dilakukan.

Rumah dapat terlihat cantik sekaligus nyaman karena bermacam faktor. Salah satunya desain. Meski dalam hal ini soal selera lebih memegang peranan, ada "pakem-pakem" tertentu yang membuat desain tampak harmonis dan tidak bertabrakan satu dengan yang lain.

Hal pertama semestinya dilakukan adalah menentukan tema desain. Tema ini bisa berupa nuansa warna, bisa juga gaya desain. Misalnya, gaya klasik, minimalis, atau modern kontemporer yang kini semakin banyak digemari.

Memang, selama memiliki nuansa warna yang sama, tak masalah jika ingin memadukan beberapa gaya desain sekaligus dalam satu ruang. Sebutlah misalnya, paduan kursi klasik berwarna cokelat tua dengan ukirannya yang khas tetap terlihat apik dipadu dengan sofa bergaya modern berwarna krem dan meja nakas bergaya modern. 

Padu padan seperti itu tidaklah tabu dilakukan selama tetap memperhatikan komposisi dan keselarasannya agar tetap sedap dipandang dan memberikan kenyamanan. Justeru, sentuhan personal seperti inilah yang mampu menciptakan kehangatan atmosfir dalam sebuah ruangan sehingga terasa lebih nyaman dihuni.

Namun, bukan hanya furnitur dan ornamen desain, penutup lantai pun berperan penting untuk mendongkrak estetika dan menciptakan suasana ruang. Contohnya, ruangan bergaya natural bisa terasa semakin hangat dengan lantai bermotif kayu. Sementara nuansa klasik biasa makin dikentalkan dengan lantai marmer. Unsur batu alam ini akan memberikan kesan teduh di dalam ruangan.

Nah, sudah siap mewujudkan rumah impian Anda?


Sumber : www.properti.kompas.com/.Pakem-pakem.yang.Membuat.Desain.Tampak.Harmonis

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!

Rahasia Istimewa Dapur Modern



Dapur memang ruangan yang istimewa. Selain tempat mempraktikkan kemahiran memasak, dapur juga menjadi etalase selera tata ruang sang pemilik rumah.

Saat ini, keistimewaan itu semakin tampak terasa dengan hadirnya dapur modern dengan ciri khasnya yang lebih didominasi nuansa simpel, minim detail, bersih, dan sangat rapi.

Sementara itu, sebagai tren di dapur modern itu sendiri adalah pemakaian top table bermaterial solid surface seperti granit atau marmer berwarna putih, perak, atau hitam. Lalu, sebagai aksentuasinya dibubuhkan dengan warna cerah seperti merah, oranye, atau hijau pada ornamen dapur.

Selain itu, sebagai pilihan utama desain dapur modern, Anda memerlukan peralatan dapur seperti kompor, sink, microwave dengan materi stainless steel, tempered crystal glass, serta keramik berkelir gelap. Karena selain tangguh, peralatan ini juga dapat menambah daya pikat elegan.

Keberadaan kompor tanam flush atau permukaan kompor rata dengan top table dan sebuah lemari pendingin (side by side) yang dilengkapi fitur penampung air dan mini bar, turut memperkuat nuansa dapur modern di rumah Anda.

Di sisi lain, untuk urusan kerapian, Anda dapat melengkapinya dengan kitchen cabinet berlaci banyak. Kegunaannya tentu untuk menyimpan peranti masak dan makan. Lalu, untuk menjaga kualitas udara dalam dapur, Anda memerlukan penghisap asap yang sekaligus dapat mendukung sirkulasi kembali udara dengan udara resirkulasi tetap bersih.


Sumber : www.properti.kompas.com/Rahasia.Istimewa.Dapur.Modern

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!

Summarecon Mal Serpong II Resmi Dibuka



TANGERANG, Pusat perbelanjaan Summarecon Mall Serpong (SMS) tahap kedua di Gading Serpong, Kabupaten Tangerang, secara resmi dibuka oleh Bupati Tangerang Ismet Iskandar, Kamis (27/10/2011). Mal baru ini merupakan perluasan dari Summarecon Mall Serpong yang dibangun pada 2007 lalu.

"Perluasan SMS tahap dua dengan konsep arsitektur modern dan ramah lingkungan ini dilakukan untuk memenuhi berkembangnya masyarakat di wilayah Serpong dan sekitarnya, serta semakin meningkatnya kunjungan masyarakat ke SMS tahap 1," kata Direktur PT Summarecon Agung TBk, Soegianto Nagaria.

Berbeda dari gedung SMS tahap I, SMS tahap II memiliki luas bangunan lebih besar, yakni 60.000 meter persegi. Ditambah dengan luas SMS I, total luasnya menjadi 110.000 meter persegi. 

Adapun pembangunan mal tahap II dengan tiga lantai ini menelan biaya Rp 340 miliar. Akan ada 180 tenant mengisi gerai-gerai dalam pusat perbelanjaan tersebut, seperti Best Denki, Do It Best Pongs Home Center, Centro, dan Eat and Eat.

Sementara itu, untuk mengikuti keberhasilan area kuliner dan hiburan Downtown Walk di SMS I, dibangun pula Downtown Walk di SMS II. Di halaman mal ini juga disediakan taman vertikal dan dua panggung musik.

Direktur PT Summarecon Agung Tbk. Soegianto Nagaria mengatakan, fokus SMS adalah membentuk komunitas, seperti komunitas makan, komunitas sepeda, dansa-dansa, komunitas dengar musik, dan sebagainya.

"Ternyata, yang membuat orang kembali lagi itu ke sini itu karena makanannya," kata Soegianto.

Direktur Utama PT Summarecon Agung Tbk Johanes Marzuki mengatakan, keberadaan SMS II diharapkan akan menaikkan pendapatan perusahaan dari penjualan berulang (recurring income) dari sektor sewa. Tahun lalu, pemasukan dari recurring income mencapai 28 persen dan diharapkan naik menjadi 32 persen setelah SMS II ini beroperasi.


Sumber : www.properti.kompas.com/Summarecon.Mal.Serpong.II.Resmi.Dibuka

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!

Pencahayaan Tepat di Dapur Modern



Salah satu hal paling esensi dalam tata dapur modern adalah pencahayaan yang tepat. Fungsinya, selain mendukung penerangan saat penghuni rumah beraktivitas, pencahayaan juga dapat mempercantik tampilan dapur.

Pencahayaan ideal untuk area dapur adalah penerangan yang baik, tidak temaram, tetapi juga tak terlampau terang menyilaukan. Selain menggunakan lampu jenis downlight, biasanya penambahan lampu hias sesuai selera juga dapat menambah daya tarik tersendiri.

Untuk tujuan tersebut, Anda tinggal menyesuaikan jenis lampu dengan desain dapur modern di rumah. Umumnya di Indonesia, dapur dirancang berdesain minimalis atau modern kontemporer. Oleh karena itu, lampu yang digunakan pun berupa lampu minimalis dengan model simpel atau lampu berdesain moden kontemporer. 

Di dapur modern selayaknya ada dua konsep penerangan, yaitu yang menyeluruh dan terfokus. Penerangan menyeluruh tentu untuk menerangi seluruh ruang, sementara penerangan terfokus untuk membantu kelancaran aktivitas memasak dan di atas meja dapur.

Untuk penerangan menyeluruh, Anda bisa memilih lampu berjenis linier atau memanjang. Lampu ini akan memberikan efek menyebar, hingga ruangan terang merata. Contoh lampu TL (tube lamp) atau flourescent tube alias neon.

Namun, di Indonesia biasanya rumah didominasi oleh warna-warna hangat, seperti coklat atau kuning. Sebaliknya, jika interior rumah didominasi warna putih atau warna-warna cerah, tentu akan lebih pas jika cahaya berwarna putih yang diaplikasikan di sana.

Penataan lampu juga sebaiknya disesuaikan dengan atmosfer yang ingin Anda tampilkan. Hal ini tentu berkaitan dengan tatanan interior ruangan. Suasana lebih hangat dan akrab bisa Anda dapatkan dengan cahaya berwarna kekuningan, sedangkan cahaya berwarna putih lebih berkesan terang, ceria, dan bersemangat.

Kedua poin di atas harus menjadi pertimbangan secara bersamaan, tidak bisa hanya mempertimbangkan salah satu poin saja. Jika Anda memang menyukai kesan hangat dan akrab, maka penataan interiornya pun pasti akan disesuaikan, begitu pula dengan pencahayaannya. Kini, selain dapur jadi hangat, aktivitas memasak pun lebih bersemangat.


Sumber : www.properti.kompas.com/Pencahayaan.Tepat.di.Dapur.Modern

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!

Menunggu Semua Melek Teknologi



JAKARTA,  Portal?portal online real estate telah merubah proses pencarian properti di Eropa, AS dan Australia selama kurun waktu 2005 dan 2006. Di Inggris, "Right Move" telah menjadi pemimpin pasar dan masuk pasar bursa saham dan saat ini bernilai lebih dari 1.5 milliar Dolar AS.

Right Move memperkirakan, sebanyak 75% dari para pencari rumah di Inggris menggunakan internet untuk mencari properti. Di Indonesia, hal yang sama baru mulai terjadi didukung oleh penguatan ekonomi Indonesia yang ditandai dengan kenaikan GDP per kapita yang lebih dari 3,000 Dolar AS dan tumbuh rata?rata sebesar 6% per tahun berdasarkan CIA World Fact Book 2010.

Menurut data Jones Lang La Salle, pasar real estate yang tumbuh sehat seperti sektor perumahan pribadi dan penyewaan ruang kantor telah tumbuh sekitar 60 persen pada semester terakhir dan 15 hingga 20 persen kenaikan diperkirakan terjadi pada 2011.

Di sisi lain, meningkatnya konsumsi internet yang mencapai 82 juta pengguna internet dan penetrasi telepon bergerak sekitar 70%, mengakibatkan bertumbuhnya jumlah pengguna yang beralih ke internet untuk mencari layanan perbankan, berbelanja dan pekerjaan, termasuk jasa jual-beli properti. Tak heran, Frost & Sullivan memprediksi, pengiklan properti di internet akan mengalami peningkatan ganda dari tahun ke tahun dari 1 persen di tahun 2006 hingga 8 persen dari keseluruhan iklan properti di tahun 2011.

Presiden Director Rumah.com, Harlow G Russell, dalam peluncuran situs Rumah.com, Rabu (26/10/2011) mengatakan, seiring tren pertumbuhan internet di Indonesia kehadiran situs jasa properti dengan fitur?fitur inovatifnya akan sangat bermanfaat bagi para konsumen dan pasar properti. Ia berharap, jasa situs semacam ini semakin memudahkan dan mempercepat konsumen menemukan properti yang mereka inginkan.

"Misinya agar orang dapat menemukan tempat tinggal idaman mereka," kata Harlow.

Darmadi Darmawangsa, Ketua Asosiasi Real Estat Broker Indonesia (Arebi), berpendapat, sejauh ini berjualan properti di online di Indonesia baru menjadi ajang memberi informasi. Ia meramalkan, bisnis properti online bakal semarak pada 5-10 tahun lagi, saat orang dari segala umur sudah melek teknologi. Juga, ketika usia pembeli properti lebih luas.


Sumber : www.properti.kompas.com/Menunggu.Semua.Melek.Teknologi

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!

Wah...Pinjaman KPR di AS Mulai Diperketat!



JENEWA, Regulator global mengusulkan pengetatan standar pinjaman hipotek (kredit pemilikan rumah/KPR) dalam upaya menghindari terulangnya krisis kredit perumahan di Amerika Serikat yang memicu krisis keuangan 2008 silam.

"Karena krisis global menunjukkan, konsekuensi dari praktik penjaminan hipotek perumahan di satu negara yang lemah dapat ditransfer secara global melalui sekuritisasi penjaminan hipotek dengan standar lemah," kata seorang anggota Dewan Stabilitas Keuangan (FSB), Rabu (26/10/2011).

"Karena itu adalah penting untuk memiliki praktik underwriting (penjaminan) sehat pada poin di mana pinjaman hipotek (KPR) awalnya dibuat," kata kelompok regulator dari 24 negara maju.

Di antara standar yang harus dikenakan mencakup persyaratan bahwa pemberi pinjaman membuat "pertanyaan yang masuk akal" dan langkah-langkah untuk memverifikasi kemampuan pembayaran kembali peminjam. Ketika menetapkan jumlah pinjaman yang disetujui, pemberi pinjaman harus memastikan bahwa ada penyisihan cukup untuk biaya hidup normal atau perubahan tiba-tiba seperti pemotongan gaji. Standar baru berada di bawah konsultasi sampai 9 Desember 2011.

Krisis kredit perumahan AS meletus pada Agustus 2007 ketika banyak pemilik rumah berpenghasilan rendah tidak bisa lagi memperpanjang pembayaran KPR terhadap properti mereka. Sebagian penyebabnya adalah suku bunga naik dan sebagian karena mereka telah mengambil pinjaman dengan built-in (terintegrasi) kenaikan tambahan dalam pembayaran.

Persoalan ini juga muncul akibat beberapa kreditor memberikan pinjaman tersebut berdasarkan dokumentasi palsu atau lemah. Default atau gagal bayar pinjaman yang dihasilkan secara cepat meluas karena pemberi pinjaman telah mengemas kembali pinjaman, dan aliran pembayaran kembali di bawah sistem yang dikenal sebagai sekuritisasi. Dalam proses ini, aset-aset kelas rendah, pinjaman-pinjaman berisiko, memperoleh peringkat kredit yang lebih tinggi dan dibeli oleh dana investasi dan bank di seluruh dunia.

Akhirnya, karena tingkat gagal bayar meningkat, aset-aset ini kehilangan nilai secara dramatis, dan menyebabkan jatuhnya pasar properti dan kemudian pasar keuangan.


Sumber : www.properti.kompas.com/Wah.Pinjaman.KPR.di.AS.Mulai.Diperketat.

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!

Kamis, 27 Oktober 2011

Hindari Pemakaian Lampu Bermerkuri!



Tahukah Anda, bahwa lampu neon atau lampu pijar mengandung air raksa atau merkuri? Kandungan merkuri ini mengakibatkan lampu neon sukar didaur ulang, bahkan merusak lingkungan.

Kini, telah tersedia lampu hemat energi untuk mengurangi bahayanya lampu dengan merkuri. Sudah saatnya Anda pun beralih.

Saat ini, banyak negara telah mengurangi penggunaan lampu merkuri dan menargetkan penjualan lampu ini akan dilarang tahun 2012. Untuk menggantikannya, pilihan lampu yang lebih efisien adalah LED (Light Emitting Diode).

Sebagai perbandingan, bila menggunakan lampu ini maka daya yang dikeluarkan 3 atau 4 watt, sementara bola lampu pijar mengeluarkan daya 60 watt. LED saat ini sedang populer, meski bukanlah teknologi baru namun lampu ini bisa berhemat biaya operasional juga peralatannya.

Kelebihan lainnya, dengan LED bisa menghemat sampai 80 persen, lebih tahan lama, tidak berpengaruh pada panas ruangan, sistemnya tidak ada merkuri, tidak mengandung ultaviolet dan infra red, dan penggunaannya bisa bertahun-tahun.

Kelebihan lain dari LED adalah dapat didaur ulang sehingga mengurangi emisi karbondioksida yang terserap atmosfer. Teknologi telah merangcang lampu jenis ini disesuaikan dengan penggunaan pada ruangan.

Di pasaran, saat ini telah dijual lampu LED dengan penggunaan berbeda di ruangan indoor (restoran, hotel, pusat perbelanjaan, rumah sakit, dan perkantoran), dan ruang luar (lanskap taman sampai penerangan jalan).

Memang, harga LED saat ini masih lebih mahal dibandingkan jenis lainnya. Tapi, bila hasilnya lebih aman dan ramah terhadap lingkungan, harga lebih mahal bisa Anda artikan sebagai investasi jangka panjang.


Sumber : www.properti.kompas.com/Hindari.Pemakaian.Lampu.Bermerkuri

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!

Kepincut Properti, PT Pos akan Bangun Mal dan Hotel



JAKARTA,PT Pos Indonesia Persero berencana membentuk anak perusahaan di bidang properti dengan memanfaatkan aset yang dimilikinya. Aset tersebut akan dikembangkan menjadi pembangunan mal dan hotel.

"Ini semata-mata memanfatkan aset, karena kami melihat Indonesia akan terus bertumbuh," ujar Direktur Utama PT Pos, I Ketut Marjana, kepada wartawan di Jakarta, Rabu (26/10/2011) malam. 

"Kami tidak takut menghadapi persaingan. Pressure untuk berbenah menjadi efisiensi dan meningkatkan pelayanan menjadi fokus perseroan," imbuhnya.

Selain itu, perseroan juga berencana melakukan pemisahan anak usaha (spin off) di bidang logistik menjadi perusahaan. Realisasi pemisahan tersebut diharapkan pada akhir tahun ini.

Dia berharap, adanya pembangunan ini dapat berkontribusi pada kinerja perusahaan. Tahun ini, Pos Indonesia memproyeksikan laba sekitar Rp 127 miliar, yang ditopang oleh kenaikan pendapatan sekitar Rp 2,977 triliun, naik 11,68 persen dibandingkan tahun sebelumnya sekitar Rp 2,678 triliun. Seiring naiknya pendapatan, beban usaha pun diperkirakan naik sekitar 10 persen menjadi Rp 2,850 riliun.

"Untuk itu, kami tetap menjaga Layanan Pos Universal (LPU) di daerah-daerah yang secara ekonomis tidak layak bisnis," tuturnya.

Tak tanggung-tanggung, perseroan mengincar laba sekitar Rp 182 miliar dengan pendapatan sekitar Rp 3,425 triliun pada 2012 mendatang.


Sumber : www.properti.kompas.com/Kepincut.Properti.PT.Pos.akan.Bangun.Mal.dan.Hotel

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!

Pengusaha Hotel Bali Mulai Lirik Properti Lombok




Jakarta - Pulau Lombok kini menjadi buah bibir karena akan dibangun proyek kawasan wisata terintegrasi Mandalika senilai Rp 27 triliun. Hal ini pun menjadi daya tarik pengusaha hotel yang selama ini fokus membangun properti di Bali.

"Ada beberapa teman yang sudah mulai melirik dan sudah ekspansi ke sana," kata Sekretaris BPD Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali Perry Markus kepada detikFinance, Rabu (26/10/2011).

Perry menuturkan posisi Bali dan Lombok sejatinya saling melengkapi dalam menyajikan tempat wisata bagi para pelancong lokal maupun asing. Ia pun menyadari saat ini infrastruktur di Bali terutama jalan sudah mulai kurang mendukung, sehingga perlu ada destinasi baru disekitar Bali sebagai alternatif.

"Dua destinasi ini punya daya tarik sendiri, tapi kalau semua diarahkan ke Bali tak ada alternatif, maka itu tak akan menampung. Kita tahu runway di Bali masih single, sekarang ini kita sudah mengalami kemacetan. Kenyamanan sudah tak ada lagi, memungkinkan wisatawan akan memilih apakah akan ke Lombok, ini hanya pilihan apakah Bali atau Lombok," katanya.

Meskipun ia mengakui, kawasan Lombok perlu berbenah dalam menyiapkan sumber daya manusia disektor perhotelan. Saat ini, lanjut Perry, pembangunan hotel dan peristirahatan di Bali sudah begitu pesat sehingga harus diimbangi dengan dukungan infrastruktur.

"Tren ke depan, untuk bergeser itu ada, kita tak bisa memungkiri, orang kalau berwisata berkali-kali bosan, butuh lokasi baru," katanya.

Dikatakan Perry, di kawasan Bali saat ini konsentrasi pembangunan kawasan properti seperti hotel dan semacamnya lebih fokus di wilayah selatan seperti Nusa Dua, Kuta, Jimbaran dan lain-lain. Sementara kawasan Bali utara seperti Karang Asem belum terlalu banyak dilirik. Ia berharap perlu ada pembagian konsentrasi dalam hal pembangunan akomodasi.

"Sekarang ini unggulanya masih di Bali, kalau ekspansi ke arah Lombok memang ada beberapa mencoba ke sana karena keadaan alam yang masih asli dan pantai-pantainya masih bagus," katanya.

Seperti diketahui proyek kawasan wisata Mandalika Lombok diperkirakan akan menelan dana hingga Rp 27 triliun. Setidaknya ada enam investor yang menandatangani nota kerjasama pembangunan wisata Mandalika. Terdapat tiga korporasi besar yang berinvestasi mengembangkan kawasan wisata Mandalika Lombok selain BUMN.

Tiga korporasi itu adalah PT Gobel Internasional yang merupakan milik pengusaha Rachmat Gobel yang mendapatkan konsesi lahan seluas 350 hektar untuk membangun fasilitas ramah lingkungan untuk pengelolahan air minum dan limbah. Gobel Internasional juga akan membangun resor dan hotel berbintang.

Selain itu, MNC Group milik pengusaha Hary Tanoesoedibjo melalui anak usahanya PT Global Land Develompment juga memperoleh konsesi mengelola 400 hektar lahan.

MNC akan membangun theme park atau taman hiburan terintegrasi seperti disneyland, underwater park dan techno park. MNC Group juga akan membangun sirkuit balap Formula Satu (F1), plenary hall untuk penyelenggaraan konser dan pelabuhan laut untuk kapal pesiar dan kapal laut.

Perusahaan lain adalah Rajawali Group melalui anak usaha PT Canvas Develovment sdn.bhd, yang akan membangun resort kelas atas, hotel berbintang dan villa di areal seluas 100 hektar. Saat ini di kawasan ini, Rajawali Group sudah mengoperasikan dan mengelola hotel bintang lima.

Sumber : www.finance.detik.com//pengusaha-hotel-bali-mulai-lirik-properti-lombok

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!


Trik Merawat Sofa Kulit Kesayangan



Bila sofa dengan upholstery kulit yang mewah dan klasik di ruang tamu atau ruang keluarga merupakan salah satu perabotan kesayangan Anda, tak ada cara lain selain merawatnya secara berkala.

Tentunya, perawatan berkala dilakukan agar sofa kulit tetap tampil menawan, tahan lama, dan nyaman saat diduduki. Untuk perawatan rutin, Anda harus memastikan agar ruangan dalam kondisi tidak lembab.

Usahakan juga agar sofa tidak terkena langsung paparan sinar matahari. Sinar matahari yang mengenai sofa terus menerus akan menyebabkan warnanya cepat pudar dan kusam.

Satu minggu sekali, sebaiknya Anda juga membersihkan kulit sofa dengan menggunakan kain atau kaus halus yang dibasahi sedikit air. Ini berguna untuk menyingkirkan debu pada kulit sofa. Perawatan seminggu sekali ini baiknya rutin dilakukan untuk mencegah kerusakan.

Tak kalah pentingnya, setiap dua kali dalam setahun, Anda sebaiknya melakukan pembersihan dan memberikan kondisioner (pelembab) pada kulit sofa secara menyeluruh. Kemudian, lanjutkan dengan menyemprotkan lapisan pelindungnya. Untuk hasil lebih bagus, Anda dapat menyerahkan kepada ahli servis kulit.


Sumber : www.properti.kompas.com/Trik.Merawat.Sofa.Kulit.Kesayangan

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!

Agar Anak Betah di Kamarnya



Agar anak Anda merasa betah dan nyaman berada di kamarnya, hal yang perlu dilakukan adalah mendekorasi tema kamar sesuai hobinya. Anda tentu mengetahui, kamar tidur bagi anak yang telah berani tidur sendiri merupakan salah satu area pribadinya.

Selain nyaman dengan kamar bertemakan hobinya sendiri, anak juga akan mengerti, bahwa orangtua memahami diri dan dunianya. Satu contoh kamar bertemakan hobi anak bisa dilihat pada kamar anak di rumah contoh Kebayoran Village, Bintaro Jaya, ini.

Kamar ini dibuat untuk anak laki-laki dengan jiwa sporty. Si anak penyuka bola basket, maka di kamarnya dilengkapi fasilitas keranjang dan bola basket ringan pada salah satu dindingnya. Sementara itu, nuansa warna biru pada keseluruhan dinding dipilih untuk memberi kesan dinamis, menenangkan, segar, dingin, dan nyaman bagi anak laki-laki.

Biasanya, anak laki-laki kurang menyukai detail dan direpotkan dengan banyaknya furnitur pada kamarnya. Untuk itu, dipilihlah tempat tidur lesehan namun tetap dikemas rapi dan fungsional. Tempat tidur lesehan ini memuat ranjang, meja, dan rak penyimpanan. Sementara penempatan ambalan pada dinding belakangnya bisa dimanfaatkan untuk memajang koleksi bintang basket idola anak.

Tertarik? Yuk, cermati hobi anak dan wujudkan dalam kamarnya.


Sumber : www.properti.kompas.com/Agar.Anak.Betah.di.Kamarnya

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!

Pemerintah Bakal Utak-utik Lagi Harga Rusunami



JAKARTA,Pemerintah memastikan akan mengevaluasi harga satuan rumah susun sederhana milik (rusunami) untuk menarik minat pengembang dan konsumen. Harga rusunami senilai Rp 144 juta per unit akan dievaluasi agar program 1000 tower rusunami berjalan kembali.

Demikian dikatakan Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz kepada wartawan seusai membuka Rakerda DPD Aspersi DKI Jakarta, di Jakarta, Rabu (26/10/2011). Djan menjelaskan, harga baru akan diperoleh dan bisa diaplikasikan di lapangan sebelum akhir tahun ini.

"Untuk itu, saya akan koordinasikan persoalan ini dengan pihak terkait, khususnya para pengembang," katanya.

Evaluasi harga rusunami ini, lanjut Djan, bisa jadi harga satuan dinaikkan atau tetap, dengan pertimbangan subsidi untuk pengembang dan konsumen ditambah mulai dari uang muka hingga lainnya. Ia memberikan contoh, evaluasi juga dimulai ketika pengembang melakukan pembebasan lahan untuk lokasi di tengah kawasan kumuh di sebuah kota.

"Jadi, harga tanah saat dibebaskan harus sesuai NJOP, tetapi pemilik lahan berhak atau punya opsi membeli satuan rumah susun dengan harga khusus dan insentif lainnya," katanya.

Dengan demikian, kata Djan, para pemilik lahan tak lagi dihargai dengan uang semata. "Ini lebih manusiawi," katanya.

Tidak hanya itu, Djan menambahkan, ketika rusunami terbangun fasilitas pendukungnya tak lagi menjadi kewajiban pengembang. "Misalnya, sekolah disediakan oleh dinas pendidikan dan kebudayaan setempat, lift di atas dua unit dibantu Kemenpera," katanya.

Djan juga menyatakan, dalam paket evaluasi untuk rusunami ke depan tersebut akan dilarang pembangunan tempat parkir untuk mobil.

"Jadi, biar tepat sasaran rusunami untuk kelas menengah-bawah, maka tak layak jika disediakan lahan parkir mobil," katanya.

Adapun sedianya rusunami diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan Rp 2,5 juta sampai Rp 4,5 juta per bulan.

Menanggapi hal itu, Ketua DPP Asosiasi Pengembang dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi) Eddy Ganefo menyambut baik hal itu.

"Rusunami 1.000 tower tak berjalan karena beban pengembang terlalu berat sehingga keuntungannya tidak masuk," katanya.

Selain itu, selama ini persepsi terhadap setiap kebijakan pemerintah oleh banyak pihak selalu berbeda.


Sumber : www.properti.kompas.com/Pemerintah.Bakal.Utak-utik.Lagi.Harga.Rusunami

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!