Senin, 18 Juli 2011

Harga lahan industri di Jakarta termahal



JAKARTA: Hasil riset pasar properti terbaru PT Cushman and Wakefield Indonesia menunjukkan harga lahan industri di Jakarta tercatat paling tinggi mencapai Rp2 juta per m2.
Lokasi kedua dengan harga lahan industri tertinggi berada di Bogor yang mencapai Rp1,1 juta per m2, kemudian di Tangerang Rp840.000 per m2, dan Bekasi Rp832.000 per m2.

Harga lahan industri yang masih cukup terjangkau berada di Karawang, Purwakarta, Jawa Barat, dan Serang Banten. Harga rata-rata lahan industri di Karawang dan Purwakarta tercatat Rp521.000 per m2. Adapun harga lahan industri untuk wilayah Serang Rp587.000 per m2.

Arief Rahardjo, Associate Director Cushman and Wakefiled, mengatakan lokasi pinggiran Jakarta dengan akses memadai masih menjadi pilihan bagi para pengusaha yang membangun pabrik maupun gudang. Harganya yang masih cukup terjangkau di tambah stok lahan luas menjadi alasan para investor memilih pinggiran Jakarta untuk membangun pabrik.

"Kawasan industri di Bekasi dan Karawang dan Purwakarta masih merupakan lokasi favorit, sekitar 90% dari keseluruhan penjualan tanah industri sepanjang kuartal II/2001terjadi di kawasan-kawasan tersebut," ujarnya hari ini.

Adapun sisanya diserap oleh kawasan industri di Serang dan Tangerang. Pemintaan  utama lebih didominasi oleh pelaku industri asing seperti Jepang. Beberapa bidang usaha yang cukup menonjol seperti bidang yang berkaitan dengan otomotif.

Arief mengatakan penjualan lahan industri sepanjang kuartal II/2011 mencapai 188 hektare atau naik 90% jika dibandingkan periode sama tahun lalu. Namun, jika dibandingkan kuartal sebelumnya, penjualannya menurun 40%.

Pada kuartal ini tidak terdapat pasokan baru, sehingga stok lahan kumulatif dari lahan industri di Jakarta dan sekitarnya pada kuartal II/2011 tetap sekitar 8.700 hektare.

Sumber : www.bisnis.com/infrastruktur/properti/harga-lahan-industri-di-jakarta-termahal

Cari Rumah ?? Gak perlu 123, Hanya KITA Ahlinya  :-)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar