Senin, 21 November 2011

Dahlan Iskan: Hotel BUMN di Bali Berpredikat Paling Buruk



Jakarta - Menteri BUMN Dahlan Iskan mengatakan bisnis hotel BUMN belum bisa bersaing dengan pihak swasta. Misalnya di Bali, hotel BUMN berpredikat paling buruk dan bahkan ada juga yang mau ambruk.

"Hotel-hotel BUMN kita yang ada di Bali semuanya sudah berpredikat yang paling buruk. Inna Kuta Hotel sudah menjadi yang terjelek di kawasan pantai Kuta. Inna Sanur (Bali Beach) sudah menjadi yang terjelek di kawasan pantai Sanur. Inna Nusa Dua (Putri Bali) sudah pasti menjadi yang terjelek di kawasan Nusa Dua yang gemerlapan itu. Bukan hanya yang terjelek, tapi juga sudah mau ambruk," ujar Dahlan dalam tulisannya yang dikirim ke detikFinance, Senin (21/11/2011).

Padahal, lanjut Dahlan, dahulunya hotel-hotel BUMN tersebut merupakan hotel terbaik di kelasnya. Namun kini hotel-hotel BUMN menjadi lambang kemunduran, keruwetan, dan bahkan kekumuhan.

Dikatakan Dahlan, pernah ada upaya untuk bangkit. Direksi kelompok hotel BUMN (Grup PT Hotel Indonesia Natour) pernah diperbaharui. Bahkan tidak tanggung-tanggung. Jajaran direksinya diambilkan dari para profesional dari luar BUMN.

"Dengan semangat profesionalisme, grup ini ingin mulai merombak dua hotelnya di Padang dan di Kuta. Tapi dua-duanya mengalami kesulitan. Yang di Padang over investasi. Yang di Kuta sudah enam bulan mengalami slow down," kata Dahlan.

Di Padang disebut Dahlan over investasi karena jumlah kamarnya jauh lebih besar dari pasarnya. Ini akan sangat sulit mengembalikan investasinya. Sedang yang di Kuta ada persoalan desain yang cukup serius.

Pada kesempatan ke Bali dalam rangka KTT ASEAN pekan lalu, Dahlan memutuskan untuk membuat hotel baru bernama Grand Inna Kuta yang letaknya di seberang Hard Rock Hotel di Kuta Bali.

Dahlan ingin ke depan, hotel-hotel milik BUMN tak kalah dengan hotel-hotel swasta. Apalagi saat ini banyak BUMN yang mempunyai bisnis hotel.

"Garuda Indonesia punya banyak hotel. Pertamina punya banyak hotel. Kontraktor seperti Perusahaan Perumahan punya banyak hotel. Bahkan Jasa Marga konon juga lagi menyiapkan banyak hotel," tukasnya.





Sumber : www.finance.detik.com//dahlan-iskan-hotel-bumn-di-bali-berpredikat-paling-buruk

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar