Rabu, 26 September 2012

Stasiun KA Menjelma jadi Bangunan Modern


detail berita
Stasiun Oriente, Kota Lisbon, Portugal (foto: inhabitat)
LISBON - Stasiun kereta api di kota besar kerap menjadi masalah bagi pengguna. Mulai dari keramaian yang penuh sesak, interior yang suram, bau sampah, dan emisi kendaraan. Namun, hal ini tidak terlihat di Stasiun Oriente, Kota Lisbon, Portugal.

Stasiun rancangan Santiago Calatrava ini berhasil menjelma menjadi bangunan indah dengan atap kanopi seperti daun yang tampak sangat ringan.
Pembangunan stasiun dimulai pada 1993, dan selesai pada penyelenggaraan World Expo 1998.

Meski fungsi utamanya sebagai stasiun kereta api, Oriente dibangun menjadi tempat konvergensi atas sejumlah fasilitas seperti kereta bawah tanah, taksi, dan wisatawan bandara. Demikian seperti dikutip dari Inhabitat, Selasa (25/9/2012).

Tidak seperti stasiun transit utama lainnya, Oriente memiliki elemen desain yang menjaga wisatawan dari ruangan penuh sesak. Penggunaan kerangka logam yang indah dan besar berhasil membuat stasiun ini terlihat megah dan luas.

Struktur bangunan tampak meniru jari-jari di bawah daun pohon, dengan elemen tambahan berupa balok yang muncul dari segala arah. Struktur bangunan hanya ditutupi kaca di bagian atap, sehingga pada siang hari sinar matahari dapat menerangi stasiun. Sementara pada malam hari, lampu interior memberikan cahaya halus di stasiun.

Stasiun bus, stasiun metro, tempat parkir, dan toko-toko berlokasi di bawah rel. Menurut Calatrava, desain stasiun modern dan elegan ini bisa menjadi area publik yang mendukung mobilitas masyarakat di daerah tersebut.

Sumber : www.property.okezone.com/stasiun-ka-menjelma-jadi-bangunan-modern

Cari RumahDijual    ??

Kunjungi juga propertykitacom.blogspot.com dan www.propertykita.com untuk lebih tau informasi rumah dn property

Tidak ada komentar:

Posting Komentar