Selasa, 28 Agustus 2012

Ragam Aplikasi Cat Dekoratif

detail berita
Dinding dengan cat dekoratif (foto: freshome)
MENCIPTAKAN suasana berbeda di dalam rumah, tak harus selalu dengan mengganti perabotan. Mengganti warna cat dinding saja sudah bisa mengubah suasana ruang.

Saat mendengar kalimat "mengecat dinding dekoratif", mungkin Anda akan langsung berpikir tentang berbagai proses yang sulit dan harus menggunakan tenaga ahli profesional. Padahal, sebenarnya ada cara praktis untuk membuat tampilan dinding yang biasa menjadi luar biasa yang dapat segera Anda praktikkan di rumah.

"Menjadikan tampilan dinding terlihat lebih atraktif, tidak hanya bisa dilakukan melalui penggunaan wallpaper. Lewat pengecatan yang baik pun sudah bisa mengubah tampilan ruangan, seperti teknik sapuan kuas, teknik spons atau busa, teknik sisir, teknik cetakan, bercak, mural, gosok, dan menarik garis," tutur arsitek Rizky Artando.

Untuk dapat menghasilkan tampilan dinding dekoratif memang diperlukan beberapa teknik khusus. Tak heran banyak dari Anda memerlukan jasa khusus dari yang ahli agar bisa mengaplikasikannya di tembok.Seperti teknik mengecat colorwashing yang cenderung memiliki tekstur sangat lembut.

"Teknik sapuan kuas atau yang biasa dikenal dengan sebutan teknik mengecat colorwashing bisa diciptakan dengan menggunakan sapuan kuas melalui gerakan bebas di atas permukaan dinding. Namun,sebelumnya lapisi dengan cat dasar terlebih dulu supaya hasilnya lebih nyata," kata Rizky.

Dalam teknik ini, Anda boleh menggunakan lebih dari satu warna dan sebaiknya gunakan sapuan warna cat yang kontras atau lebih gelap dibandingkan dengan warna cat dasar. Cat dekoratif dapat diaplikasikan di ruang tamu dan ruang keluarga. Selain teknik kuas,ada juga teknik spons atau busa.

Bila Anda tertarik mengaplikasikan cat dekoratif ini, sebaiknya beri lapisan dasar di dinding yang Anda inginkan. "Untuk membuat cat dekoratif ini cukup dengan mencelupkan sebagian sisi spons ke dalam cat, lalu aplikasikan satu warna cat atau bisa juga dengan cara menepuk-nepuk spons secara lembut di dinding. Pengaplikasiannya bisa untuk latar di ruang keluarga maupun ruang makan," papar Rizky.

Ada baiknya Anda memilih spons dengan pori-pori yang besar demi mendapatkan hasil yang maksimal. Jangan sesekali menggesek spons ketika mengaplikasikan cat di atas dinding. Pori-pori pada spons bakal menghasilkan pola dan tekstur yang menarik. Masih ada lagi teknik cat dekoratif yang tak kalah menarik, yaitu teknik sisir. Teknik ini, menurut Rizky, bisa dibilang yang paling mudah di antara yang lain.

"Teknik sisir memang mudah karena pemilik rumah bisa dengan mudah menggunakan warna yang sesuai dengan seleranya, kemudian tinggal menggoreskan sisir di atas permukaan dinding yang sudah kering," sebut arsitek muda itu.

Saat Anda menggoreskan sisir di atas permukaan dinding yang catnya sudah mengering, Anda dapat memperoleh beragam motif goresan yang bisa disesuaikan dengan imajinasi dan kreativitas Anda. "Tidak semua jenis cat bisa digunakan dalam pengecatan dekoratif.Pilih cat yang memang memiliki kualitas warna dan ketebalan yang baik. Jangan pula memilih cat minyak karena lebih licin sehingga sulit untuk dibuat motif," timpal desainer interior Susan Octari Yawhan.

Bila ingin mendapatkan sesuatu yang berbeda, teknik mural bisa dijadikan salah satu pilihan yang tepat. Pada teknik ini, bahan yang digunakan adalah selembar kertas atau plastik yang diremas-remas sebelumnya sehingga menjadi sebuah gumpalan.

"Saat ingin menerapkan teknik mural,ada baiknya awali dengan mengaplikasikan cat menggunakan kuas atau rol cat. Perhatikan juga kuantitas ketebalan cat. Jika cat yang digunakan terlalu tebal, maka bakal menimbulkan gumpalan, sementara kalau terlalu tipis, teksturnya tidak akan terbentuk," kata Susan.

Jadi, untuk menjadikan tampilan dinding lebih atraktif, Anda tidak hanya bisa terpaku pada penggunaan wallpaper. Melalui sentuhan kreatif dari cat, tampilan dinding yang biasa akan terlihat lebih luar biasa. Selamat mencoba.

Sumber : www.property.okezone.com/ragam-aplikasi-cat-dekoratif

Cari RumahDijual    ??

Kunjungi juga propertykitacom.blogspot.com dan www.propertykita.com untuk lebih tau informasi rumah dn property

Tidak ada komentar:

Posting Komentar