Rabu, 07 November 2012

Ingin Punya "Ruang Rahasia" di Rumah Anda?


Loteng pada umumnya memiliki karakteristik paling unik di antara semua ruang lain di sebuah rumah. Mungkin, karena dindingnya cenderung pendek, atau bisa juga lantaran langit-langitnya yang membentuk sudut sehingga terasa "berbeda".

Apapun alasannya, banyak orang terlanjur mengkorelasikan loteng sebagai "ruang rahasia" atau bahkan sebagai tempat bermain yang nyaman. Karena itulah, ketimbang membiarkannya sebagai ruang penyimpanan tak terjamah, Anda bisa memanfaatkan loteng untuk fungsi lain.

Beberapa saran berikut ini misalnya, bisa Anda lakoni jika memang berminat mengalihfungsikan loteng rumah Anda agar lebih bermanfaat. Hanya, perlu diingat, bahwa hal pertama harus dipastikan adalah keamanan struktur loteng. Ketika loteng "resmi" dijadikan ruang hidup yang digunakan sehari-hari, Anda harus memastikan ruangan itu mampu menahan beban Anda dan barang-barang Anda.

1. Hindari efek "ruang panjang"

Umumnya, loteng tidak memiliki sekat. Bentuk loteng akan memanjang mengikuti bentuk rumah.

Karena berukuran sangat besar, ada baiknya Anda "membagi" loteng menjadi beberapa bagian. Bagian tersebut tidak perlu menggunakan sekat. Anda hanya perlu memastikan, bahwa dalam ruangan ini terdapat beberapa area yang bisa digunakan untuk tidur, membaca, atau bersantai.

2. Langit-langit dan dinding "menyatu"

Untuk membuat langit-langit loteng tidak terasa terlalu rendah, pastikan Anda mewarnai langit-langit dan dinding loteng dengan warna yang sama.

3. Mengakali pencahayaan

Umumnya, loteng hanya memiliki sedikit akses ke sinar matahari. Tanpa adanya sedikit modifikasi, Anda terpaksa mengkompensasikan minimnya cahaya matahari dengan lampu dan cat.

Namun, pastikan Anda tidak terburu-buru mengecat loteng dengan warna gelap maupun warna terang. Warna gelap akan membuat loteng terasa depresif. Di sisi lain, warna terang justru akan membuat loteng tampak kotor dalam pencahayaan minim. Pilihlah warna-warna "tengah" yang tidak terlalu gelap atau terang.

4. Buat dinding pendek jadi menarik

Dinding di loteng seringkali disebut dengan knee wall atau dinding lutut. Dinding pendek ini sebenarnya dapat Anda manfaatkan dengan penggunaan sofa berbentuk love-seat.

5. Jendela raksasa

Pernahkah Anda membayangkan tidur sembari melihat bintang-bintag di atas kepala Anda, tanpa harus berada di luar rumah? Anda dapat merasakannya jika membuat kamar tidur di loteng. Caranya, buatlah jendela raksasa yang mengikuti bentuk atap. Letakkan tempat tidur persis di bawah jendela tersebut. Anda dapat terbangun dengan sinar matahari hangat di pagi hari, dan tentu saja, menikmati keindahan sinar bulan dan kerlipan bintang pada malam hari.

Terinspirasi membuat kamar loteng yang nyaman ?


Ingin Jual Rumah  ?? Pasang Iklannya di www.propertykita.com "Lebih Banyak Pilihan"
Kunjungi juga propertykitacom.blogspot.com 
Follow Us : @Propertykitacom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar