Senin, 05 November 2012

Merawat Kerai Kayu


Memiliki bukaan pada rumah seperti jendela seringkali bermasalah dengan engsel dan tata letaknya. Ini memang berbeda, jika kita berbicara tentang ornamen tambahan.

Filter kerai adalah salah satunya. Ada banyak kelebihan kerai kayu. Dari visualnya, kerai kayu tampak lebih simpel, murah dan sangat mudah dibersihkan. Kerai jenis ini cocok diaplikasikan hampir diseluruh jenis ruang dengan kesan modern yang menonjol.

Kerai kayu memiliki keunikan pada sistem kerja kerainya. Terdapat tali yang dapat menaik-turunkan kerai. Agar kerai naik dengan sempurna, tariklah tali ke bawah agak menyerong ke kiri. Sementara untuk mengerem, tariklah tali agak menyerong ke kanan dan lepaskan.

Selain tali yang digunakan untuk membuka dan menutup kerai terdapat juga filter. Penggeraknya adalah tuas kayu atau tali. Fungsi filter itu sendiri adalah untuk mengubah sudut bilah-bilah kerai.

Biasanya, permasalahan yang muncul terkait dengan filter adalah gerigi filter yang sudah aus dan patah. Memang, kelemahan kerai kayu terdapat pada filter dan talinya yang sangat mudah rusak. Kerusakan ini biasanya disebabkan oleh kesalahan dalam pengoperasian, mulai dari membuka, menutup, menarik dan menutupnya. Padahal, fungsi filter sangat penting, yaitu untuk mengubah sudut bilah-bilah kerai agar dapat mengatur intensitas cahaya ke dalam rumah.

Nah, bagaimana kita mengetahui filter berfungsi atau tidak? Mudah saja. Saat kita menarik tali pemutar pilter dan tidak terjadi perubahan pada sudut bilah-bilah kerai, dapat dipastikan filter Anda sudah tidak berfungsi baik lagi.

Bagaimana solusinya? Anda bisa melepaskan seluruh bagian kerai kayu hingga tersisa besi pemegangnya. Lepaskan karet pengunci besi pemutar kerai. Selanjutnya, renggangkan besi rel pemutar kerai agar filter yang rusak dapat dikeluarkan.

Kemudian, masukkan filter baru ke dudukkan filter dan pasang kembali besi filter dan karet penguncinya. Pada tahap ini, hal yang perlu diperhatikan adalah saat memasang besi pilter. Anda harus memastikan sudut bilah kerai dalam posisi datar (terbuka).

Nah, jika seluruh tahapan ini selesai dilakukan, pasang kembali kerai ke temparnya berikut tuas pemutar filter. Putar tuas dan amati gerakan bilah kerai. Pastikan filter berfungsi dengan semestinya.


Ingin Jual Rumah  ?? Pasang Iklannya di www.propertykita.com "Lebih Banyak Pilihan"
Follow Us : @Propertykitacom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar