Selasa, 23 Agustus 2011

Kawasan Timur Indonesia akan Punya Jembatan Terpanjang




Jakarta - Pemerintah pusat sedang membangun proyek jembatan terpanjang di Kawasan Timur Indonesia. Jembatan itu berada di Teluk Dalam Pulau Ambon yang menghubungkan Kecamatan Sirimau pada sisi utara dan Kecamatan Teluk Ambon pada sisi selatan.

Jembatan dengan panjang mencapai 1,060 km itu diberi nama Jembatan Merah Putih yang telah dilakukan proses groundbreaking pekan lalu. Biaya pembangunan Jembatan Merah Putih Galala-Poka Kota Ambon mencapai Rp 249,614 miliar didanai APBN tahun 2011-2013.

"Jembatan ini akan menjadi yang paling panjang di kawasan timur, sebelumnya ada Jayapura bridge sekitar 900 meter," kata Dijen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum Djoko Murjanto kepada detikFinance, Senin (22/8/2011)

Djoko menjelaskan gagasan membangun jembatan ini sejatinya sudah ada sejak 1995 lalu. Namun adanya kerusuhan di Ambon beberapa tahun lalu, membuat pemerintah pusat menunda proyek tersebut.

"Kenapa namanya Jembatan Merah Putih, itu untuk memperkuat nasionalisme masyarakat Maluku pasca kerusuhan," jelasnya.

Pembangunan proyek yang murni didanai APBN ini terbagi menjadi dua tahap, yaitu tahap pertama untuk pembangunan jembatan pendekat pada tahun 2011-2013, dan tahap kedua untuk pembangunan bentang utama jembatan di 2013 sampai pertengahan 2014.

"Jadi pertengahan tahun 2014 baru bisa beroperasi," jelas Djoko.

Pembangunan jembatan ini selain bertujuan untuk menunjang pengembangan fungsi kawasan Teluk Ambon, juga untuk mempersingkat jarak dan waktu tempuh kendaraan dari Kota Ambon ke pintu keluar di Bandara Internasional Pattimura serta ke kawasan Jazirah Leihitu Kabupaten Maluku Tengah sehingga dapat mengurangi biaya operasional kendaraan.

Dengan panjang mencapai 1,060 km diharapkan dapat memperlancar proses distribusi dan membuat biaya transportasi menjadi lebih murah. Saat ini, transportasi antar kedua wilayah tersebut menggunakan 3 unit kapal feri, jalan darat memutari separuh Teluk Ambon sepanjang sekitar 30 km, atau menggunakan perahu tradisional milik warga.

Sampai saat ini jembatan terpanjang di Indonesia masih dipegang oleh Jembatan Suramadu sepanjang 5,4 km di kawasan Barat Indonesia. Namun jika proyek Jembatan Selat Sunda (JSS) sepanjang 29 km bisa terealisasi, maka rekor itu akan bergeser.

Sumber :www.finance.detik.com//kawasan-timur-indonesia-akan-punya-jembatan-terpanjang?

Cari Rumah ?? Gak perlu 123, Hanya KITA Ahlinya  :-)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar