Jumat, 26 Agustus 2011

Semakin Harmoni Lewat Komposisi



Ruangan sudah ditata sedemikian rupa, tapi Anda merasa masih ada yang kurang? Mungkin, Anda belum memperhatikan prinsip-prinsip komposisi.

Seperti halnya membuat suatu karya seni, komposisi merupakan hal penting dalam menata ruangan. Tak berbeda dengan sebuah komposisi lagu, dalam ruangan pun perpaduan bentuk, rupa, warna, dan tekstur harus mampu membuat harmoni indah.

Ada beberapa cara dalam mencapai harmoni, yaitu dengan mempertimbangkan hal-hal berikut ini:

Simetri

Ini ditandai dengan susunan bentuk yang serupa di kedua sisi, misalnya kanan-kiri atau atas-bawah.

Keseimbangan

Biasanya keseimbangan dikaitkan dengan simetri. Tapi, sebenarnya sesuatu yang asimetris pun bisa seimbang. Penilaiannya lebih berdasarkan perasaan, tidak ada patokan khusus. Yang penting, dalam satu bidang terlihat keseimbangan, baik bentuk maupun warna atau tekstur.

Kontras

Ini merupakan sesuatu yang digunakan untuk menarik perhatian. Kontras mampu menciptakan efek dramatis dari dua hal yang saling bertentangan. Komposisi ini cocok diterapkan untuk focal point.

Ritme

Ritme adalah membuat pengulangan dari satu obyek, baik itu berupa bentuk, rupa, warna, maupun tekstur. Dengan adanya ritme, ruangan bisa terlihat lebih hidup.

Masih bingung cara menerapkannya? Tak perlu pusing. Anda tinggal menentukan komposisi mana yang diinginkan, apakah simetri, keseimbangan, kontras, atau ritme. Sesuatu yang simetri biasanya berkesan formal, berbeda dengan kontras yang lebih santai.

Sementara itu, prinsip keseimbangan dan ritme bisa diterapkan pada ruangan formal dan informal. Bila penataan ruang sudah pada komposisi yang benar, ruangan dijamin terlihat lebih harmoni.

Sumber :  www.properti.kompas.com/Semakin.Harmoni.Lewat.Komposisi

Cari Rumah ?? Gak perlu 123, Hanya KITA Ahlinya  :-)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar