Jumat, 03 September 2010

BPS: Kota Bandung Terpadat di Jabar

BANDUNG: Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Barat menyebutkan jumlah penduduk Kota Bandung merupakan yang terpadat di Jabar dengan jumlah 2,3 juta jiwa dan kepadatan 14.200 orang per km2.

Kepala BPS Jabar Lukman Ismail mengemukakan sebuah kota idealnya memiliki kepadatan sekitar 1.000 orang per km2, atau 40 orang per hektare. “Kalau melihat kondisi penduduk Kota Bandung yang ada sekarang ini, sudah jauh dari ideal,” katanya hari ini.

Dia menilai tingkat kepadatan penduduk pada sebuah kawasan yang terlalu tinggi akan menimbulkan persoalan. Oleh karena itu, pemerintah daerah harus mencari solusi untuk mengatasi berbagai ancaman kerawanan.

Lukman menegaskan pemerintah daerah harus segera menerapkan program pembangunan yang mengusung asas pemerataan untuk mengatasi kesenjangan antar-daerah.

Sementara itu, BPS Jabar juga menyebutkan Kota Banjar sebagai kota dengan jumlah penduduk terendah sebanyak 175.165 orang. Secara umum, menurut hasil sensus penduduk 2010, jumlah penduduk Jabar mencapai 43 juta orang yang di antaranya 21,8 juta orang laki-laki dan 21,1 juta orang perempuan.

Lukman menambahkan terjadi pertambahan jumlah penduduk sebanyak 10 juta orang dalam kurun waktu selama 10 tahun, atau naik sebesar 1,89%.(gak)

[Sumber: Dari sini ]

Cari Rumah ?? Gak perlu 123, Hanya KITA Ahlinya  :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar