Rabu, 19 Januari 2011

Graha Natura Tekankan Tata Lingkungan Asri dan Sehat

Perusahaan pengembang properti PT Intiland Development Tbk menjalin kerja sama dengan dua perusahaan konsultan properti untuk rencana pengembangan proyek perumahan Graha Natura, Surabaya. Kedua firma konsultan itu adalah PTI Architects Indonesia untuk pembuatan rencana induk (master plan) dan PT Meinhardt Indonesia untuk pembuatan desain infrastruktur teknis kawasan Graha Natura.

Kami menginginkan Graha Natura tidak hanya menjadi tempat tinggal yang nyaman, tetapi juga menawarkan konsep inovasi dari sisi desain arsitektural, pengembangkan kawasan, infrastruktur, dan teknologi.
-- Sinarto Dharmawan

Wakil Presiden Direktur dan Chief Operating Officer Intiland Sinarto Dharmawan menjelaskan, kedua perusahaan ini akan membantu perseroan mempersiapkan desain awal rencana pengembangan kawasan Graha Natura. Proyek perumahan ini dirancang bukan hanya menjadi kawasan perumahan yang modern dan strategis, melainkan juga secara khusus didesain dengan memerhatikan konsep tata lingkungan yang asri dan mengutamakan aspek-aspek kesehatan.

Sinarto optimistis kedua perusahaan konsultan ini mampu bekerja sama dengan Intiland merancang pengembangan kawasan perumahan secara terpadu. Kerja sama ini sekaligus menjadi langkah awal bagi perseroan untuk mewujudkan proyek Graha Natura menjadi kawasan perumahan ideal di Surabaya.

”Kami menginginkan Graha Natura tidak hanya menjadi tempat tinggal yang nyaman, tetapi juga menawarkan konsep inovasi dari sisi desain arsitektural, pengembangkan kawasan, infrastruktur, dan teknologi. Kami ingin mengajak masyarakat untuk memahami konsep ’kemewahan’ ketika diterjemahkan ke dalam desain lingkungan dan perumahan,” ujarnya lebih lanjut.

Graha Natura merupakan pengembangan proyek perumahan terbaru Intiland. Kawasan perumahan yang berlokasi di Surabaya barat ini rencananya diluncurkan pada awal tahun ini dengan potensi pengembangan seluas 100 hektar. Proyek ini memiliki skala pengembangan cukup luas dan terpadu serta diperkirakan selesai dalam lima tahun.

Sementara itu, PTI Architects melalui kerja sama ini membuat desain master plan untuk seluruh kawasan Graha Natura. Lingkup pekerjaan yang ditangani, antara lain, pembuatan konsep awal, opsi rencana pengembangan, peta topografi, dan kajian pasarnya.

PTI Architects merupakan anggota Peddle Thorp International, firma konsultan desain terkemuka dunia yang berkantor pusat di Australia. Perusahaan ini dikenal menangani pembuatan desain master plan berbagai proyek hotel dan resor terkemuka.

Doddy Tjahjadi, Managing Director PTI Architects, mengaku bangga mendapat kepercayaan dari Intiland untuk merancang desain master plan Graha Natura. Graha Natura, menurut dia, merupakan konsep terobosan yang inovatif bagi sebuah kawasan perumahan.

”Ini merupakan kepercayaan sekaligus tantangan bagi kami untuk menerjemahkan keunggulan konsep inovatif Graha Natura ke dalam bentuk desain master plan. Tidak mudah, tetapi optimistis mampu memberikan yang sesuai dengan konsep tersebut,” kata Doddy.

Menurut dia, pengembangan Graha Natura akan dibagi ke dalam dua fase pembangunan. Pada fase pertama akan dibangun sebuah blok hunian dengan luas total 32 hektar, dikonsentrasikan di sebelah selatan. Sementara fase kedua diperuntukkan sebagai pengembangan lanjutan area komersial dengan tipe development mixed-use, letaknya di sebelah utara.

”Blok perumahan Graha Natura sebagai fase pembangunan pertama ditata dengan mengoptimalkan arah hadap yang ideal untuk sebuah hunian, yaitu utara dan selatan. Pembagian lot-lot perumahan mempertimbangkan karakteristik kondisi kontur tanah setempat sehingga secara alami tercipta suasana lingkungan yang lebih dinamis dan berbeda atau unik dengan lingkungan hunian mana pun yang pernah ada,” lanjutnya.

Pendapat serupa disampaikan Managing Director Meinhardt Indonesia Djinadi Gunawan. Ia mengakui, dibandingkan dengan kawasan perumahan yang pernah ditangani, Graha Natura memiliki konsep dan rencana desain infrastruktur yang relatif baru dan modern.

”Graha Natura memiliki banyak keunggulan dari aspek kesehatan, lingkungan, dan teknologi yang dirancang secara terpadu. Ini menjadi tantangan bagi kami, yakni membuat desain jaringan infrastruktur teritegrasi yang meliputi sistem kelistrikan, jalan, air dan irigrasi, jalur komunikasi, sistem keamanan kebakaran, pengelolaan limbah cair dan padat, serta rencana pembuatan sewarage treatment plant dan water treatment plant,” kata Djinadi.

Meinhardt Indonesia dikenal sebagai salah satu perusahaan konsultan teknik terkemuka di Indonesia. Perusahaan ini berpengalaman dalam berbagai layanan konsultasi, seperti kelayakan dan due diligence, desain, pengawasan konstruksi, serta manajemen proyek. Meinhardt Indonesia merupakan afiliasi dari Meinhardt Group yang didirikan pada 1955 di Melbourne, Australia, dengan jaringan yang tersebar di 22 negara. Proyek di Indonesia yang pernah ditangani Meinhardt, antara lain, Bvlgari Hotel & Resort, Bali; Oberoi Resort Lombok; dan Banyan Tree Resort, Ungasan, Bali.

Selain kedua perusahaan arsitek tersebut, Intiland juga menggandeng Karl Princic untuk pembuatan desain arsitektural lanskap. Karl Princic adalah firma arsitektur yang mengerjakan desain lanskap beberapa hotel terkemuda di Bali.

Pengembangan Graha Natura, menurut Sinarto, disiapkan sebagai perumahan konsep baru dengan keunggulan inovasi yang bakal menjadi tren kawasan perumahan di masa depan. Untuk pengembangan tahap pertama, perseroan telah menyediakan 32 hektar lahan yang akan dikembangkan untuk 492 kapling rumah tinggal, yang terbagi dalam empat kluster dan akan diluncurkan pada awal Februari 2011.

”Kami sudah menyelesaikan pembangunan 16 rumah contoh karya arsitek ternama Indonesia, antara lain Simonata dan Budhi Harmunanto. Masing-masing memiliki konsep desain yang berbeda dan memiliki ciri khas dan keunggulan masing-masing,” ujarnya.

Desain arsitektural dari rumah-rumah di Graha Natura bertujuan pada pencapaian aspek kenyamanan, kemudahan, dan harmonisasi keluarga sebagai prioritas utama. Ruangan-ruangan utama sengaja ditempatkan di lantai dasar agar tercipta kebersamaan dan komunikasi antaranggota keluarga.

Sinarto menegaskan, salah satu keunggulan Graha Natura adalah aspek kesehatan dan penerapan teknologi. Konsep rumah dan lingkungan sehat akan menjadi tren baru. Di dalamnya mencakup aspek alami dan asri serta penerapan teknologi tepat guna. Konsep tersebut diwujudkan, antara lain, dengan merancang sistem infrastruktur limbah rumah tangga secara terpadu dan terpusat. Infrastruktur septic tank, misalnya, tidak ditempatkan pada masing-masing rumah, tetapi disalurkan ke pusat pengolahan untuk diproses lebih lanjut.

Kemudian, dari sisi teknologi, pembangunan jaringan fiber optic akan memudahkan penghuni mendapatkan berbagai jenis layanan berbasis teknologi tinggi. Contohnya adalah telekonferensi, voice over internet protocol, dan jaringan internet berkecepatan tinggi.

Cari Rumah ?? Gak perlu 123, Hanya KITA Ahlinya  :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar