Selasa, 30 November 2010

Solusi Tepat untuk Ruang Servis yang Sibuk

Ruang servis merupakan  salah satu tempat tersibuk di rumah. Tak jarang ruang jadi kotor dan berantakan. Ini solusinya.

Apabila Anda ingin rumah tetap terawat, cobalah sediakan ruang khusus yang menjadi pusat aktivitas urusan rumah tangga. Ruang ini bisa kita katakan ruang servis.  Biasanya aktivitas membersihkan, menyimpan, dan menjemur bisa dipusatkan di area ini. Ruang cuci, dapur kotor, ruang jemur, dan gudang sering kali diletakkan di zonasi ruang servis.

Karena ruang ini mewadahi aktivitas orang yang cenderung dinamis (tidak statis), maka sering kali ruang ini lebih mudah berantakan, atau mudah kotor. Untuk itu ada beberapa langkah yang harus direncanakan saat ingin menata ruang servis

* Gunakan bahan bangunan dan material yang mudah dibersihkan. Finishing dinding atau lantai  di ruang servis hendaknya menghindari plesteran tanpa acian, atau permukaan yang berporus. Karena frekuensi pemakaiannya tinggi, ruang servis sering kali lebih mudah kotor. Gunakan permukaan keramik pada dinding dan lantai. Bisa juga memanfaatkan cat antinoda yang berbahan akrilik.

* Perhatikan jalur sirkulasi orang. Ruang servis mewadahi aktivitas orang. Jalur sirkulasi orang yang cukup menghindarkan ruang jadi berasa sempit. Untuk aktivitas satu orang, jalur sirkulasi bisa mengambil lebar 60 cm.

* Untuk menghemat ruang, Anda bisa memanfaatkan satu ruang untuk dua aktivitas yang berbeda. Pastikan aktivitas tersebut dilakukan tidak bersamaan. Misalkan, pada pagi hari ruang digunakan sebagai ruang cuci pakaian, pada siang hari bisa dimanfaatkan sebagai ruang jemur pakaian.


Cari Rumah ?? Gak perlu 123, Hanya KITA Ahlinya  :-)
Pengen punya rumah sendiri? kini bukan hal yang susah. klik DISINI semua jadi mudah !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar