Kamis, 18 Oktober 2012

KONDOMINIUM HAK MILIK: Penjualan Meningkat 66% Selama Kuartal III


JAKARTA:  Penjualan kondominium hak milik (strata title) di Jakarta pada kuartal III/2012 mencapai  3.915 unit atau  naik 66% adibandingkan dengan kuartal sebelumnya.  Penjualan ini merupakan yang tertinggi per kuartal sejak 2007 lalu.

Kepala Riset Jones Lang LaSalle Indonesia Anton Sitorus menuturkan besarnya  penjualan kondiminium tersebut, terjadi karena endahnya tingkat suku bunga, banyaknya masyarakat yang ingin tinggal di tengah kota, dan menjamurnya proyek-proyek kondominium baru.

"Penjualan kondominium strata title pada kuartal III/2012 terbesar per kuartal sejak 2007. Dari Januari hingga September 2012 sebanyak 8.300 unit kondominium strata title sudah terjual. Pada 2007 selama satu tahun terjual 6.200 unit," kata Anton dalam paparan Jakarta property market review kuartal III/2012, Rabu (17/10).

Dia menjelaskan sebagian besar kondominium strata title yang terjual pada kuartal III/2012 yakni pada segmen menengah bawah sebanyak 1.893 unit atau 48%, diikuti segmen menengah sebanyak 1.562 unit atau 40%, dan segmen menengah atas sebanyak 460 unit atau 12%.

"Kami memperkirakan hingga akhir tahun ini akan kondominium strata title yang terjual mencapai lebih dari 10.000 unit hingga 11.000 unit," imbuhnya.

Dia menambahkan harga jual rata-rata kondominium pada kuartal III/2012 naik 5% dibandingkan dengan kuartal sebelumnya karena besarnya permintaan kondominium. Pada kondominium segmen menengah atas harga jual naik 4,7%, kondominium segmen menengah naik 5,5%, dan kondominium segmen menengah ke bawah naik 3,6%.

Luke Rowe, Residential Project Marketing Group Head Jones Lang LaSalle Indonesia, menjelaskan penjualan kondominium strata title di pasar primer meningkat fantastis. Menurutnya, penjualan kondominium selama 9 bulan pertama tahun ini sudah hampir menyamai penjualan sepanjang tahun lalu yang mencapai 8.600 unit.

"Agresifitas pengembang juga terlihat dari makin maraknya peluncuran proyek baru belakangan ini. Dalam triwulan III saja, lebih dari 10 proyek baru kondominium diluncurkan di Jakarta dimana unitnya mencapai lebih dari 4.000 unit,"  tuturnya.

Arief Rahardjo, Head of Research & Advisory Cushman&Wakefield Indonesia, juga mengatakan aktivitas penjualan kondominium pada kuartal IV/2012 diperkirakan terus meningkat menyusul permintaan dari calon pembeli masih tinggi.

Menurutnya, saat ini banyak pengembang yang menawarkan pemesanan unit pada saat pre-launching sehingga mendorong konsumen untuk membeli kondominium dengan jumlah yang banyak. (if)2, membutuhkan waktu untuk fitting-out," katanya. (if)


Cari Rumah Dijual    ?? 
Kunjungi juga propertykitacom.blogspot.com dan www.propertykita.com untuk lebih tau informasi rumah dan property
Follow Us : @Propertykitacom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar