Rabu, 17 Oktober 2012

Sampai Kapan Bisnis Properti DKI Akan Tumbuh?

JAKARTA - Pasar properti di Indonesia tumbuh pesat dalam dua tahun belakangan ini. Fenomena ini menuai sejumlah pertanyaan, di antaranya, apakah pasar properti di Jakarta masih akan tetap berkelanjutan dan sampai berapa lama pertumbuhannya?

Menurut konsultan properti global Jones Lang LaSalle Indonesia, ada beberapa faktor kunci yang bisa dilihat berdasarkan perspektif makro dan mikro. 

"Dari segi makro, kekuatannya adalah ekonomi yang stabil yang cenderung mendorong permintaan dari konsumen domestik, bisnis dari berbagai sektor juga cenderung meningkat, demografi bagus, kekuatan financing (misalkan suku bungan KPR yang ditawarkan bank), transformasi gaya hidup masyarakat urban, dan developer yang semakin pintar dalam mengembangkan proyek properti," jelas Head of Research Jones Lang LaSalle Anton Sitorus saat pemaparan Jakarta Property Market Review Q3, di Jakarta, Rabu (17/10/2012). 

Sementara, skenario terburuknya adalah dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti krisis ekonomi global, spekulasi investasi tinggi, kenaikan harga yang tidak terkontrol, perbedaan produk-produk mayor, dan kebijakan pemerintah yang tidak tepat sasaran. 

"Untuk level mikro pada dasarnya masih dipengaruhi faktor suplai-demand, serta tren historis (pergerakan pasar). Misalnya untuk perkantoran di Jakarta dulu harganya tidak tinggi seperti saat ini, jadi sejarahnya memang belum ada," kata Anton.   

Selain itu juga dipengaruhi faktor lain, yang bersumber dari kebijakan regional dan ketersediaan tanah. 

"Di sisi lain Jakarta masih termurah propertinya di Asia dalam enam tahun belakangan, jika dibandingkan dengan Singapura atau Hong Kong dan negara Asia Pasifik lainnya," kata Country Head Jones Lang LaSalle Indonesia Todd Lauchlan. 

Tanda-tanda pelambatan pasar yang dikhawatirkan mungkin terjadi akibat lesunya pertumbuhan ekonomi dan aktivitas bisnis di Asia Pasifik sama sekali tidak terlihat hingga September ini. Sebaliknya, animo pasar yang cukup tinggi, membuat pengembang kian agresif meluncurkan proyek-proyek barunya. 
(rhs)

Cari Rumah Dijual    ?? 
Kunjungi juga propertykitacom.blogspot.com dan www.propertykita.com untuk lebih tau informasi rumah dan property 
Follow Us : @Propertykitacom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar