Selasa, 30 Oktober 2012

Mau Beli Rumah Tapi Gaji Pas-pasan? Ini Caranya...


Jakarta - Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) melalui Badan Layanan Umum Pusat Pembiayaan Perumahan (BLU PPP) mengimbau masyarakat khususnya mereka yang berpenghasilan rendah dan tidak tetap untuk memanfaatkan bantuan pembiayaan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) KPR Sejahtera jika ingin memiliki rumah dengan angsuran yang terjangkau.

Menurut Pemimpin BLU PPP Kemenpera Saraswati, program kerja BLU Kemenpera pada tahun 2012 antara lain KPR FLPP untuk 132.500 rumah sejahtera tapak senilai Rp 7,04 Triliun dan KPR FLPP Rumah Sejatera Susun untuk 500 unit rumah senilai Rp 600 Miliar. Total penyaluran KPR FLPP yang ditargetkan BLU PPP tahun 2012 adalah 133.000 unit rumah senilai Rp 7,1 triliun.

"Suku bunga FLPP KPR Sejahtera hanya 7,25 persen dan masa angsuran sampai dengan 20 tahun sehingga angsurannya ringan selama masa angsuran. Jadi masyarakat akan sangat terbantu dengan program FLPP ini," ujar Saraswati seperti dikutip dalam penjelasannya, Minggu (28/10/2012).\

Dia menambahkan, program FLPP KPR Sejahtera merupakan penyaluran pembiayaan dari pemerintah pusat melalui bank pelaksana kepada masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dalam kepemilikan rumah yang dibeli dari pengembang. Beberapa penyaluran KPR FLPP antara lain KPR Sejahtera Tapak, KPR Sejahtera Syariah Tapak, KPR Sejahtera Susun, KPR Sejahtera Syariah Susun.

Kemenpera telah menetapkan ketentuan harga rumah yang dapat memanfaatkan KPR FLPP berdasar wilayah. Untuk harga rumah KPR Sejahtera Tapak Wilayah I Seperti Sumatera selain Batam, Bintan, Karimun, Jawa selain Jabodetabek dan Sulawesi harganya paling tinggi Rp 88 juta. Wilayah II Kalimantan, Kepulauan Maluku, Kepulauan Nusa Tenggara paling tinggi Rp 95 juta, wilayah III Papua dan Papua Barat paling tinggi Rp 145 juta dan Wilayah Khusus Jabodetabek, Batam, Bintan, Karimun dan Bali Rp 95 juta. Sedangkan KPR Sejahtera Susun Rp 216 juta.

"Batas maksimum harga rumah tidak kena PPn berdasar PMK Nomor 125 Tahun 2012 bebas PPn sesuai harga wilayah. Sedangkan KPR Sejahtera Susun Rp 144 juta. Angsuran KPR FLPP maksimal bisa mencapai 20 tahun mulai dari Rp 635.000 hingga Rp 1,5 juta per bulan" imbuhnya.

Saraswati menambahkan, bantuan pembiayaan FLPP dapat dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat Indonesia yang ingin memiliki rumah yang layak huni. Namun demikian ada beberapa persyaratan nasabah/ debitur KPR FLPP Sejahtera. Setidaknya ada lima persyaratan itu antara lain pertama masyarakat yang berpenghasilan tetap dengan gaji pokok Rumah Sejahtera Tapak paling besar Rp 3,5 juta dan Rusun Rp 5,5 juta. Kedua, belum pernah memiliki rumah. Ketiga, belum pernah menerima subsidi perumahan dan FLPP, ke empat mempunyai NPWP dan kelima menyerahkan fotokopi (SPT) tahunan PPh orang pribadi atau surat pernyataan bahwa penghasilan pokok yang bersangkutan tidak melebihi batas penghasilan pokok yang dipersyaratkan.

"BLU PPP Kemenpera dalam penyediaan dana FLPP selain berhubungan dengan MBR juga berkoordinasi dengan pengembang sebagai penyedia pasokan rumah, bank pelaksana sebagai lembaga keuangan penyaluran dana FLPP dan Pemda untuk memfasilitasi kemudahan perijinan, sertifikasi tanah dan fasilitasi penyediaan lahan," tandasnya.

Untuk mendapatkan program KPR FLPP, masyarakat bisa datang ke pengembang untuk menentukan lokasi rumah yang ingin dibeli. Kemudian mereka membayar booking fee ke pengembang dan melengkapi dokumen persyaratan yang ditentukan bank. Selanjutnya pengembang menyerahkan dokumen persyaratan nasabah ke bank.

Selain itu, masyarakat juga bisa datang ke bank untuk mendapatkan informasi program FLPP dan pengembang yang telah memanfaatkan program tersebut. Kemudian mereka mendatangi pengembang yang dituju. Setelah nasabah membayar uang muka dan melengkapi dokumen selanjutnya pihak bank melakukan akad kredit dengan nasabah.

"Masyarakat yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang KPR FLPP juga bisa datang ke Kantor BLU PPP Kemenpera di Jalan Raden Patah I Nomor 1 Kebayoran Baru Jakarta Selatan ataupun menghubungi hotline telepon 021 - 7225338. Selain itu juga bisa melalui internet www.bluppp.com dan email pemasaranblu@yahoo.co.id untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas," tutupnya.


Ingin Jual Rumah  ?? Pasang Iklannya di www.propertykita.com "Lebih Banyak Pilihan"
Follow Us : @Propertykitacom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar