Jumat, 21 Oktober 2011

Mendandani Tangga, Mencuri Perhatian



Mendandani rumah bisa dilakukan pada area mana saja, termasuk area tangga. Bahkan, dengan sentuhan apik, tangga dapat menjadi pusat perhatian interior keseluruhan ruangan.

Hanya, faktor utama harus diperhatikan adalah ketersediaan ruang untuk dijadikan area tangga. Hal ini menentukan bentuk desain tangga yang akan digunakan.

Bentuknya pun bisa Anda pilih, baik itu berbentuk lurus, setengah lingkaran, spiral, huruf "U", dan lainnya. Setelah menentukan bentuk tangga, faktor selanjutnya perlu diperhatikan adalah keamanan, terutama bila memiliki anak balita dan lansia di rumah.

Keberadaan handrail mutlak diperlukan dengan bagian sisi tertutup demi perlindungan. Untuk kenyamanan, tinggi anak tangga sekitar 20-25 sentimeter. Lebih dari itu, menyusuri anak tangga membuat kaki mudah terasa lelah.

Untuk lebarnya, ukuran tangga setidaknya 25 sentimeter agar dapat memberikan kenyamanan saat kaki menapak. Bila jumlah anak tangga banyak, berikan area bordes atau jeda yang banyak demi menyiasati agar tak cepat lelah saat menaikinya.

Selanjutnya, untuk menentukan jenis penutup anak tangga dan warna, hal yang perlu Anda perhatikan adalah harmonisasi desain secara keseluruhan. Lebih mudah menggunakan warna netral, yang cenderung cocok disandingkan dengan beragam warna, seperti putih, abu-abu, atau coklat.

Penutup anak tangga memang bisa beragam jenisnya. Untuk memberi kesan mewah, Anda bisa memakai material marmer atau lantai keramik glossy. Motif kayu juga bisa Anda gunakan demi memberikan kesan hangat dan natural di dalam rumah.

Untuk memaksimalkan ruangan, area bawah tangga pun masih bisa Anda manfaatkan sebagai tempat penyimpanan. Misalnya, bagian bawah tangga yang berbentuk lurus bisa digunakan sebagai rak buku. Tempat penyimpanan lain juga bisa Anda ciptakan dengan membuatnya sendiri di anak-anak tangga.


Sumber : www.properti.kompas.com/Mendandani.Tangga.Mencuri.Perhatian

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar