Senin, 31 Oktober 2011

Tarif Hotel di Palembang Naik 30% Saat SEA Games



Jakarta - Tingginya permintaan kamar hotel di Palembang Sumatera Selatan menjelang hajatan SEA Games XXVI berdampak pada kenaikan tarif. Rata-rata para pengelola hotal sudah menaikkan tarif kamar sebesar 20-30%.

Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Selatan Herlan Aspiudin mengatakan fenomena kenaikan ini setidaknya sudah terjadi beberapa pekan terakhir. Meskipun secara resmi SEA Games akan berlangsung pertengahan November nanti, beberapa acara pra SEA Games seperti uju coba venue sangat mendorong permintaan kamar hotel di Palembang.

"Kalau tarif hotel sesuai dengan hukum ekonomi, permintaan naik maka harga naik, kita imbau anggota kalau pun naik yang wajar, besaran kenaikan berbeda-beda 20-30%, sudah mulai sejak sebulan, terutama hotel bintang," kata Herlan kepada detikFinance, Senin (31/10/2011)

Ia mengatakan kenaikan 20-30% merupakan hal yang wajar apalagi hajatan SEA Games akan hadir lagi di Indonesia mungkin 20 tahun mendatang. Ia mengilustrasikan kenaikan tarif suite room hotel berbintang 5 di Palembang dari Rp 8 juta menjadi Rp 10 juta per malam merupakan masih dalam batas ambang.

Menurutnya saat ini jumlah hotel berbintang di Palembang mencapai 25 hotel mencakup 3.000 kamar, didominasi oleh hotel berbintang 2 dan 3. Rata-rata tarif yang ditawarkan di rentang Rp 2-8 juta per malam.

"Permintaan sangat tajam, meningkat tajam sudah satu bulan lalu, percobaan venue-venue SEA Games juga mempengaruhi, sehingga banyak pengunjung lokal atau pun asing, okupansi (tingkat hunian) beberapa hotel sudah 100% terutama yang berbintang, kalau yang non bintang masih belum sampai," katanya.

Herlan menambahkan untuk mengantisipasi membludaknya permintaan kamar hotel, pihak panitia SEA Games telah menyiapkan dua kapal Pelni sebagai hotel laut. Jumlah kamar yang bisa disediakan dari dua kapal Pelni mencakup 200 kamar lebih dengan daya tampung sampai 500 orang

"Itu untuk wasit-wasit nasional sebanyak 570 orang ada di kapal, tapi kalau wasit yang internasional di hotel," katanya.


Sumber :  www.finance.detik.com/tarif-hotel-di-palembang-naik-30-saat-sea-games

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar