Jumat, 07 Oktober 2011

Cara Bijak Pilih dan Pakai AC



Akhir-akhir ini, patut diakui, cuaca di Jakarta semakin lama semakin panas. Tak hanya siang, belakangan ini pagi hari pun matahari sudah mulai terasa membakar kulit. Bagaimana dengan cuaca pada malam hari?

Setali tiga uang, malam hari pun kerap terasa panas. Apalagi, jika Anda tinggal di lantai atas. Dapat dipastikan, Anda akan bermandikan keringat setiap malamnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, banyak orang yang memilih menggunakan AC. Masalahnya, memilih AC yang tepat itu bukan perkara mudah. Selain menyesuaikan dana yang ada, Anda pun sebaiknya menyesuaikan besarnya ruangan dengan kapasitas PK AC. Berikut tipsnya:

Paard Kracht

Sebagai informasi, PK merupakan singkatan dari "Paard Kracht". Nah, PK ini adalah sumber daya yang dibutuhkan untuk menghasilkan BTU (British Thermal Unit). BTU inilah yang menentukan tingkat kesejukan udara yang dihasilkan.

Memang, untuk menghasilkan BTU yang besar memerlukan PK yang besar pula. Itulah sebabnya tingkat dingin yang dihasilkan oleh AC sering ditentukan berdasarkan PK-nya.

Bijak

Jika sudah membeli AC yang tepat, Anda sebaiknya menggunakan si pendingin ruangan ini dengan bijak. Misalnya, gunakan AC yang sesuai dengan luas ruangan Anda. Jika tidak, AC tak akan bekerja secara efisien dan malah mengakibatkan tagihan listrik semakin tinggi.

Atur temperatur

Selain itu, sebaiknya Anda mengatur temperatur suhu AC pada angka 25 derajat celsius atau yang senyaman mungkin. Sebab, semakin rendah temperatur suhu yang digunakan, semakin besar energi listrik yang keluar.

Timer

Langkah lainnya, Anda dapat menggunakan timer dan pertimbangkan untuk mematikan AC satu jam sebelum Anda bangun pada pagi hari. Jangan lupa juga untuk menutup jendela dan pintu saat mengoperasikan AC.

Terakhir, bersihkan saringan udara secara teratur dan lakukan servis berkala setiap tiga atau empat bukan sekali. AC memang dikenal sebagai peralatan yang menyedot paling banyak listrik.

Namun, bukan berarti Anda talk bisa menggunakan AC, bukan? Jadi, pilihlah AC yang hemat energi dan gunakan secara bijak.

Sumber : www.properti.kompas.comCara.Bijak.Pilih.dan.Pakai.AC

Cari Rumah ?? Gak perlu 123, Hanya KITA Ahlinya  :-)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar