Senin, 03 Oktober 2011

Dua Tahun Lagi, Apartemen Menengah Makin "Ngetren"



JAKARTA, Pembangunan apartemen menengah ke atas dengan harga di atas Rp 1 miliar dikhawatirkan menuju titik jenuh. Dua tahun ke depan, apartemen kelas menengah lebih dilirik para pengembang untuk dikembangkan.

"Prospek hunian menengah ke atas sedang naik. Sekarang, tahun 2011 ini, perumahan naiknya memang gila-gilaan, akan mencapai puncak di 2012-2013. Saat ini, di beberapa tempat harganya sudah naik terlalu tingi, sehingga over value dengan pertumbuhan yang stagnan," kata Ali Tranghanda, Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch kepada KOMPAS.com, Jumat (30/9/2011).

Menurut Ali, apartemen menengah atas atau apartemen mewah mulai membuat jenuh. Hal itu ditandai dengan enggannya investor membeli apartemen untuk investasi.

"Orang membeli apartemen biasanya untuk tempat tinggal dan investasi. Kalau investasi melihat harga seperti sekarang, para investor itu sudah tidak mau, karena terlalu tinggi," jelasnya.

Melihat gejala menurunnya minat investor membeli apartemen mewah, lanjut Ali, pengembang akan bermain di apartemen kelas menengah di kisaran harga Rp 200 juta sampai Rp 1 miliar.

"Apartemen kelas menengah ini masih banyak peminatnya dibandingkan kelas atas. Saya memperkirakan para pengembang akan masuk ke pasar yang lebih murah sekitar dua tahun lagi," ujarnya.

Apartemen kelas menengah ini, lanjut Ali, nantinya tidak akan banyak dijadikan sebagai lahan investasi, melainkan sebagai tempat tinggal.

"Mau tidak mau, orang membutuhkan apartemen, karena bekerja di Jakarta dengan tingkat kepadatan serta kemacetan tinggi. Kalau dibangun apartemen mewah semua, lalu para pekerja yang kebanyakan komuter ini akan tinggal di mana," katanya.

Ali menambahkan, lokasi yang akan menjadi sasaran pengembang untuk apartemen kelas menengah antara lain seperti Senen, Mampang Prapatan, Matraman, Cengkareng, Kelapa Gading, atau Pluit.

"Apartemen menengah akan tumbuh di daerah yang banyak mahasiswa atau karyawannya," ujarnya.


Sumber  : www.properti.kompas.com/Dua.Tahun.Lagi.Apartemen.Menengah.Makin.Ngetren.

Cari Rumah ?? Gak perlu 123, Hanya KITA Ahlinya  :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar