Senin, 10 Oktober 2011

Lebih Banyak Kondotel Sukses di Bali



JAKARTA,Associate Director Research & Advisory Cushman & Wakefield Indonesia, Arief Rahardjo, menyebutkan, bahwa proyek-proyek kondotel (kondominium hotel) lebih banyak berhasil di Bali. Kisaran harga kondotel di Bali pun lebih tinggi ketimbang Jakarta.

"Itu mutlak, karena pasar hotelnya lebih baik. Jadi, tingkat hunian dan average room rate lebih tinggi dibandingkan Jakarta," ujar Arief kepada KOMPAS.com melalui pesan teks, Sabtu (8/10/2011).

Ia mengatakan, pasar hotel yang baik itu tidak lain karena Bali sudah menjadi salah satu tujuan pariwisata level internasional. Ini terjadi, lanjut dia, sekalipun pembebasan tanah di Bali tidak kalah susah dengan di Jakarta. Intinya, lanjut Arief, proyek kondotel yang dapat dibilang berhasil, apabila lokasi proyek tersebut berada pada lokasi yang sangat dibutuhkan akan adanya hotel.

"Karena pada akhirnya kondotel adalah sebetulnya hotel," tambah dia.

Jadi, makin tinggi tingkat hunian (occupancy level) di daerah tersebut, maka semakin sukses proyek kondotel tersebut. Apalagi, terang dia, bisa dibarengi dengan average room rate (ARR) yang tinggi.

"(Maka), proyek-proyek kondotel yang bisa dibilang berhasil banyak berada di Bali," kata Arief.

Mengenai harga jual kondotel, tak ubahnya seperti proyek properti lainnya yang sangat bergantung pada lokasi sendiri. Secara umum harga per meter persegi kondotel di Bali lebih tinggi dibandingkan di Jakarta. Kisaran harga kondotel di Bali saat ini antara Rp 20 juta per meter per segi sampai Rp 35 juta per meter persegi.

Sebagai catatan, konsep kondotel sendiri dimulai pada awal tahun 2000-an di Indonesia. Untuk wilayah Jakarta, Aston Rasuna menjadi kondotel pertama yang diluncurkan. Adapun produk kondotel adalah kondominium unit yang dijual dan setelah itu dikelola oleh hotel operator sehingga setiap tahunnya bisa mencapai tingkat hunian dan ARR tertentu.

"Di mana yield dari investasi itu dibagikan secara proposional ke pemilik masing-masing unitnya," tambah Arief.


Sumber : www.properti.kompas.com/Lebih.Banyak.Kondotel.Sukses.di.Bali.

Cari Rumah ?? Gak perlu 123, Hanya KITA Ahlinya  :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar