Rabu, 05 Oktober 2011

Sudah Sesuaikah Lantai di Rumah Anda?



Keberadaan lantai rumah seringkali dianggap remeh, karena sebetulnya lantai atau ubin merupakan satu elemen penting dalam rumah. Silahkan cek lagi, apakah antara ubin dan fungsi ruangannya sudah tepat dan sesuai?

Sebetulnya, tidak sulit untuk mengeceknya. Hal pertama perlu Anda lakukan adalah mengelompokkan sifat ruangan di dalam rumah Anda sendiri. Ruang tamu dan ruang keluarga, misalnya, bisa diklasifikasikan sebagai area publik. Maka, area ini bisa diakses tak hanya oleh anggota keluarga, melainkan juga tamu atau kerabat.

Lain halnya dengan ruang tidur dan ruang kerja. Kedua ruangan ini masuk dalam kelompok area privadi sehingga hanya khusus bisa diakses anggota keluarga atau penghuni rumah. Sementara dapur atau kamar mandi masuk dalam kelompok area servis, yang pada saat-saat tertentu bisa menjadi pribadi atau publik.

Berikut adalah panduan selanjutnya yang bisa Anda gunakan dalam memilih jenis lantai untuk ruangan di rumah Anda:

Area publik

Anda bisa memilih ubin bertekstur halus. Bisa juga, Anda memakai jenis ubin dengan nilai estetika tinggi karena kunjungan tamu ke ruangan-ruangan ini lebih tinggi ketimbang ruang lainnya.

Area pribadi

Di area pribadi, Anda bisa lebih fleksibel memilih ubin yang sesuai keinginan. Hanya, Anda harus tetap mengutamakan kenyamanan.

Dapur dan kamar mandi

Untuk ruangan ini, Anda mutlak harus memilih ubin yang kuat dengan permukaan licin. Hal ini agar ubin mudah dibersihkan dari kotoran atau noda lantaran kotor usai memasak.

Khusus di kamar mandi, Anda bisa memilih ubin dengan permukaan kasar. Hal ini tentu untuk meminimalkan risiko kecelakaan, seperti terpleset.

Teras dan halaman

Pertimbangan cuaca bisa menjadi patokan Anda dalam memilih ubin untuk kedua area di luar rumah ini. Untuk teras, misalnya, ubin berbahan granit atau batu gamping lebih cocok karena tahan terhadap cuaca.


Sumber : www.properti.kompas.com/Sudah.Sesuaikah.Lantai.di.Rumah.Anda.

Cari Rumah ?? Gak perlu 123, Hanya KITA Ahlinya  :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar