Jumat, 27 Januari 2012

China Bisa Ancam Hong Kong dengan Skyscrapper

detail berita
Foto: Properti China/ globaltimes.com
JAKARTA - China boleh kalah dari Hong Kong dari segi banyaknya bangunan. Namun, menurut penelitian yang baru-baru ini dirilis, China bisa saja mengalahkan Hong Kong dari segi bangunan tinggi dan pencakar langit Sckyscrapper .

Hong Kong memiliki sekira 58 bangunan tinggi, sementara China hanya 51 bangunan. Tetapi yang mengejutkan adalah fakta penelitian itu menyebutkan, lima dari 10 skyscrapper di dunia, kelimanya berada di Negeri Tirai Bambu.

Seperti yang disitat dari Global Times, Jumat (27/1/2012), menyebutkan, China mulai melakukan konstruksi pada sebanyak 200 gedung pencakar langit di atas 500 kaki 152,4 meter  tahun ini. Dengan jumlah tersebut, skyscrapper di China bisa setara dengan jumlah pencakar langit di Amerika Serikat (AS).

Pembangunan besar-besaran ini, menurut para ahli konstruksi dan tata kota merupakan bias dari tujuan awal skyscrapper itu sendir yang diketahui sebagai upaya menghemat lahan. Sementara yang terjadi di China dewasa ini merupakan upaya proyeksi kemakmuran negara.

"China memang membutuhkan gedung-gedung tinggi terkait proses urbanisasi, sebagai negara dengan populasi terbesar yag besar. Pencakar langit diharapkan bisa membantu menghemat penggunaan lahan," ujar Profesor Universitas China-Europe Business School Wang Jian Mao.

Meski demikian, lanjut Wang, mengingat biaya tinggi yang mengiringi pembangunan pencakar langit dan masalah lingkungan, pemerintah China diminta untuk berhati-hati dalam menyetujui proyek-proyek gedung pencakar langit.

Sementara itu, Wakil Direktur Shanghai Real Estate Economy Society Yin Kun Hua mengatakan, yang perlu diperhatikan terkait gedung pencakar langit yakni gedung tersebut merupakan simbol ekonomi sebuah negara.

"Gedung pencakar langit memang menjadi simbol ekonomi bagi sebuah negara. Tetapi jika unit-unti yang ada pada gedung tersebut tidak dapat dijual atau disewakan, konstruksi gedung pencakar langit dapat menyebabkan utang buruk bagi investor dan China itu sendiri," jelasnya.

Bila itu terjadi, menurutnya, bukan tidak mungkin gedung pencakar langit menjadi simbol merosotnya kondisi finansial suatu negara.

Sumber : www.property.okezone.com/china-bisa-ancam-hong-kong-dengan-skyscrapper

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar