Jumat, 27 Januari 2012

Pohon Kehidupan "Roh" Graha Natura

detail berita
Foto: Pohon Trembesi/ didut.wordpress.com
JAKARTA - Konsep hunian alami sudah umum ditawarkan para pengembang. Namun, belum tentu hunian itu benar-benar mengejawantahkan prinsip alami.

Salah satu konsep hunian alami ditawarkan Graha Natura besutan PT Intiland Tbk. Pada hunian di wilayah Surabaya, Jawa Timur, memiliki keunikan, konsep alami yang dituangkan tidak hanya sekadar mengikuti green living.

Lebih dari itu, Graha Natura menghadirkan sebuah pohon berukuran besar dan langka, untuk menjadi "roh" pada klaster ini. Pohon ini juga berfungsi sangat baik bagi kesehatan.

"Seperti pohon Trembesi yang dikenal sebagai pohon peneduh yang mampu menyerap 22-28 ton karbondioksida per tahunnya. Pohon ini akan ditaman sepanjang jalan klaster," imbuh Wakil Presiden Direktur Intiland Sinarto Dharmawan dalam keterangan tertulis yang diterima okezone, Kamis (26/1/2012).

Selain itu, juga akan ditanami pohon langka, yakni pohon Baobab atau Kalpataru (Adansonia Digitata). "Pohon itu juga disebut pohon kehidupan," jelasnya.

Dua primadona tanaman jenis besar ini akan melengkapi sekira 3.000 pohon dari 220 jenis pohon yang berbeda yang ditanam di kawasan Graha Natura.

Tidak tanggung-tanggung, Graha Natura menggandeng South Asia Regional Centre for Biology tropical (Seameo Biotrop) atau Pusat Regional Asia Tenggara untuk Biologi Tropika (biptrop) untuk melakukan penelitian, pelatihan, kerja sama, dan penyebaran informasi dalam lingkup biotrop.

"Lewat kerja sama uini, Seameo Biotrop akan memberikan dukungan konsultatif dan teknis mengenai upaya konservasi dan keanekaragaman hayati di Graha Natura. Mereka akan memberikan saran dan metodologi terkait bio-diversity pepohonan nusantara, termasuk konservasi untuk jenis pohon langka," tandasnya.

Pengembang bermaksud membuat Graha Natura bukan hanya menjadi hunian yang nyaman, tetapi juga menawarkan inovasi dari aspek lingkungan yang sehat yang didukung keunggulan sisi lingkungan alami,"

Dia menegaskan, targetnya bisa mewakili 25 persen dari 4.000 jenis pepohonan yang tumbuh di Indonesia.

Perusahaan pengembang properti PT Intiland Tbk menargetkan untuk menanam sedikitnya 10 ribu pohon dari 1.000 jenis pohon berbeda di kawasan perumahan barunya, Graha Natura, di Surabaya, Jawa Timur.

Penanaman tersebut terkait konsep perumahan tersebut, yang salah satunya mengusung keasrian dan kesehatan bagi penghuninya. Hal itu dibuktikan dengan mengalokasikan hampir separo dari luas lahan sebagai kawasan terbuka hijau.


Sumber : www.property.okezone.com/pohon-kehidupan-roh-graha-natura

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar