Kamis, 26 Januari 2012

Tender Kalibaru Batal, Konsorsium Kecewa




JAKARTA, Kementerian Perhubungan akhirnya membatalkan hasil prakualifikasi pembangunan proyek terminal peti kemas Kalibaru yang meloloskan lima peserta. Hal itu disebabkan karena pemerintah tidak punya dana membangun proyek senilai Rp 8 triliun berikut proyek jembatan, pengerukan, dan akses jalan yang ditaksir senilai Rp 3 triliun.

Selain ketiadaan dana, menurut Leon Muhamad, Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, ternyata di sisi kanan akses jalan menuju proyek Kalibaru terdapat dermaga milik PT Pertamina yang luput dari rancangan awal.

"Kami harus mengamankan dermaga itu," kata Leon.

Namun, meski tender Kalibaru batal, pemerintah tetap bertekad melanjutkan mega proyek ini sesuai rencana awal. Jika sesuai rencana, penanaman tiang pancang pertama akan dilakukan pada semester pertama tahun ini dan proyek bakal tuntas pada 2014.

Pemerintah menyatakan, swasta maupun BUMN terbuka ikut dalam proyek Kalibaru ini. Namun, sejauh ini, pemerintah belum mengambil keputusan soal bentuk pengerjaan proyek tersebut.

"Pemerintah masih menggodok model pengerjaan. Bisa jadi penunjukan langsung," tutur Leon.

Pengadaan lelang ini, kata Leon, tidak akan mempengaruhi prospek Indonesia di mata investor asing. Namun, ia mengakui, pembatalan tender ini membuat beberapa konsorsium kecewa.

"Mereka kecewa, namun harus mau menerima putusan ini," tuturnya.

Direktur Utama PT Pelindo II Richard J. Lino langsung berinisiatif mengajukan proposal pengembangan Kalibaru versi Pelindo II.

"Kamis (26/1/2012) hari ini proposal akan kami bawa ke Kementerian Perhubungan," katanya.

Nantinya, berdasarkan konsep Pelindo II ini, masih ada jembatan penghubung. Hanya, ukurannya lebih pendek dan alur lebih dalam dua meter dari versi pemerintah, atau menjadi 18 meter. Desain dermaga lebih panjang 20 meter untuk mengantisipasi pengembangan.

Sumber : www.properti.kompas.com/Tender.Kalibaru.Batal.Konsorsium.Kecewa

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar