Selasa, 31 Januari 2012

Jangan Sepelekan Kebersihan Rumah

detail berita
Foto: vakum karpet/ blog.danone.ca
JAKARTA - Ketika membersihkan rumah, terkadang ada bagian yang kerap dilalaikan. Padahal, pada bagian-bagian tertentu merupakan bagian terkotor yang tidak hanya jelek dipandang, tetapi juga berperan penting dalam penyebaran penyakit.

Selain itu, bagian terkotor rumah juga berpotensi untuk menyebarkan bau yang tidak sedap dan lembab, sehingga membuat hama seperti tikus, kecoa, atau serangga bersarang di sana.

Oleh karenanya, ada baiknya jika Anda mengetahui tempat mana saja yang merupakan tempat paling kotor pada hunian Anda, dan segera bersihkan. Berikut beberapa tempat terkotor dalam rumah, seperti yang disitat dari situs The Nest, Senin (30/1/2012):

6. Keran.
Keran merupakan bagian terkotor yang mungkin jarang Anda dengar. Pasalnya keran dianggap selalu mengeluarkan air bersih. Pikir ulang berapa banyak tangan kotor yang menggapainya? Dan dampak kesehatan ketika keran sudah berkarat sehingga harus diganti dengan yang baru.

Untuk membersihkannya, rendam mulut keran dengan kantong plastik, masukkan cuka putih yang telah dicampur air hangat, buka keran hingga menggenangi badan keran yang tertutupi plastik, diamkan selama semalaman. Buka plastik di pagi hari dan lap keran dengan lap kering.

7. Bak cuci piring.
Kotoran pada bak cuci piring acap kali membuat frustasi lantaran kerap berlendir dan berbau tak sedap. Belum lagi karat yang menempel dan bakteri yang hidup spons atau sabut cuci. 

Cara terbaik untuk membersihkannya adalah merendamnya dengan air hangat yang dicampur detergen pembersih peralatan stainless steel dan gosok bak cuci dengan spons. Setelah itu, surutkan air, dan bilas hingga busa hilang dan hingga kering.

8. Karpet.
Karpet tidak akan cukup bersih hanya dengan vacum cleaner, itu hanya akan mengelimianasi debu dan membersihkan udara saja. Sayangnya, kekotoran karpet lebih dari itu.

Cobalah secara rutin membersihkannya dengan vakum sekira seminggu satu kali. Ketika membersihkannya, taburkan bedak wangi dahulu, dan mulai membersihkan dengan vacum cleaner kembali.

9. Gorden.
Aksesoris ini merupakan tempat yang paling banyak debu dan jamur. Pasalnya, kelembaban udara mempengaruhi tumbuh kembang bakteri hingga bertransformasi menjadi jamur. Belum lagi, gordem merupakan sarang favorit ngengat.

Hindari hal ini dengan seger membersihkannya minimal satu kali setiap bulan. Bisa dengan memakai vakum, atau dengan membawanya ke binatu.

10. Meja memasak.
Tidak diragukan lagi, jika satu tempat sering digunakan, maka akan semakin kotor. Begitu pula dengan meja dapur yang kerap Anda gunakan sebagai tempat untuk memproses bahan masakan.

Bersihkan setiap kali Anda memasak, seminggu sekali, gosok permukaan dengan spons atau sikat (jika meja terbuat dari keramik keras).


Sumber : www.property.okezone.com/jangan-sepelekan-kebersihan-rumah

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar