Jumat, 27 Januari 2012

Desain Interior Bisa Bantu Pasien Alzheimer

detail berita
Foto: Penderita Demensia Alzheimer tengah berada di ruang terapi/ dailymail.co.uk
JAKARTA -  Desain interior ternyata tidak hanya berfungsi sebagai pelengkap gaya hidup saja, tetapi bisa juga sebagai terapi untuk membantu penyembuhan beberapa penyakit tertentu.

Contohnya salah satu rumah sakit di Inggris yang menggunakan terapi desain interior untuk membantu penderita penyakit Demensia Alzheimer (penyakit dengan gangguan ingatan, pikiran, kebingungan akut) agar tidak mengalami panik.

Rumah sakit Bristol Royal Infirmary, merancang satu ruangan bergaya tahun 1950-an dengan menonjolkan fitur wallpaper, radio, furnitur, bahkan suratkabar dari beberapa dekade lalu, yang dipercaya akan membuat nyaman penderita Demensia Alzheimer.

Seperti yang disitat dari Daily Mail, Jumat (27/1/2012), Bristol Royal bahkan menyetel lagu-lagu lawas, dan mendorong pasien untuk berkisah tentang apa yang mereka ingat.

Ada pun salah satu kamar lainnya dengan sebutan Kamar Kenangan selebar lima meter persegi yang memungkinkan pasien untuk mendengarkan musik dari radio, membaca koran, sehingga pasien bisa diterapi tanpa merasa timbul gangguan kecemasan.

Dengan upaya ekstra dari rumah sakit tersebut, Bristol Royal menjadi rumah sakit pertama dengan kamar yang unik.

Hingga akhirnya, pihak berwenang Bristol Royal mendapat hibah senilai 175 ribu pounsterling atau sekira Rp2,45 miliar (1 poundsterling Rp14.058) dari suatu organisasi WRVS, untuk membangun kamar serupa lebih banyak lagi dengan rentang waktu berbeda-beda, semisal dari era 40-an hingga 70-an.

WRVS tidak hanya memberikan bantuan berupa finansial saja, organisasi kemanusiaan ini juga memberikan bantuan berupa tenaga sukarela yang direkrut untuk menjadi bagian tim perawat. Seperti membantu pasien untuk makan, membaca, atau hanya sekadar menemani pasien untuk mengobrol.


Sumber : www.property.okezone.com//desain-interior-bisa-bantu-pasien-alzheimer

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar