Jumat, 27 Januari 2012

Tinggal di Apartemen? Dipertimbangkan Lebih Dulu

detail berita
foto: apartemen laguna/panoramio.com
MARAKNYA tawaran apartemen sebagai tempat tinggal, perlu disikapi dengan hati hati. Jangan sampai terjebak hanya karena keinginan menggebu ingin memiliki apartemen, apalagi harga apartemen yang tidak terlalu mahal dan syarat yang cukup mudah. Terkadang ada nilai prestis bila tinggal di apartemen.

Memiliki apartemen tidak semata untuk tempat tinggal tapi ada juga membeli apartemen sebagai nilai investasi. Saya tidak akan mengupas dari sisi investasi, tapi lebih dari kebutuhan ruang. Apartemen sebagai tempat tinggal, maka perlu dipikirkan sampai sejauh mana diperlukan tinggal di apartemen?

Lokasi strategis
Apartemen sebagai tempat tinggal carilah lokasi yang dekat dengan tempat kerja dan memiliki fasiltias umum yang baik, seperti sekolah, pasar, dan pusat perbelanjaan. Jarak jangkau terhadap fasiltias tersebut cukup mudah dan cepat. Biasanya apartemen terletak di dalam kota, memang untuk tempat tinggal para pekerja yang bekerja diperkotaan. Jika apartemen yang ditawarkan jauh dari tempat kerja dan sulit pencapaian ke tempat kerja, artinya bermacet ria, sehingga membutuhkan tenaga lebih banyak maka pertimbangkan sekali lagi.

Jika Anda telah memiliki keluarga dengan anak-anak, pilih lokasi dekat dengan sekolah yang sesuai dengan mereka. Ingat bukan hanya Anda yang harus merasa nyaman tinggal di apartemen, pasangan dan anak anak pun perlu diperhatikan. Seperti sarana bermain, lokasi les, connector transportasi masal, intinya supaya mereka juga merasakan kenyamanan bertempat tinggal.

Kebutuhan Ruang
Hitung kebutuhan ruang, khususnya ruang tidur. Jika Anda memiliki dua anak, dengan satu asisten rumah tangga, apakah anak anak dapat dijadikan  satu ruang tidur? Artinya Anda membutuhkan tiga ruang tidur dalam satu unit, yaitu ruang tidur utama, ruang tidur untuk anak, dan satu lagi ruang tidur untuk asisten rumah tangga. Apartemen yang menyediakan tiga kamar tidur cukup mahal, sebagian besar menyediakan hanya dua kamar, itupun ukuran kamar yang mungil. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan.

Ukuran ruang yang disediakan cukup mungil dan tata letak ruang juga berbeda dengan rumah tinggal di atas tanah. Karena apartemen sangat memperhatikan saluran air, maka ruang yang membutuhkan saluran air diletakkan pada sisi koridor, untuk mempermudah perawatan dan perbaikannya. Jika ada ide untuk memindahkan dapur atau kamar mandi, itu jelas tidak mungkin. Karena saluran air di unit Anda akan berhubungan dengan saluran air di dapur dan kamar mandi tetangga.

Begitu pula untuk memindahkan kamar tidur, Anda perlu menanyakan lebih dahulu ke pengembang. Karena dinding pembatas kamar, mungkin saja sebagai dinding struktur. Dinding yang memikul beban struktur bangunan, jadi kalau dihilangkan akan mempengaruhi kekuatan bangunan.

Pemilihan Furnitur
Mengingat kamar tidur anak memiliki ukuran yang mungil sehingga membutuhkan siasat penataan furnitur. Ruang yang disediakan serba terbatas, sehingga pemilihan furnitur juga harus teliti. Jika perlu furnitur dipesan sesuai dengan kebutuhan dan ukuran. Berarti Anda memerlukan budget lebih untuk penataan furniturnya.

Biasanya furnitur yang dibuat berdasarkan pemesanan, memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan Anda membeli dari barang yang ready stock. Pemesanan furnitur sesuai keinginan pun perlu kejelian, karena material yang ditawarkan sangat bervariasi dan ini sangat mempengaruhi harga furnitur tersebut.

Fasilitas Apartemen
Nah, kalau untuk keamanan, Anda tidak bisa lagi menawar. Perhatikan keamanan untuk anak anak, apalagi memiliki anak anak balita. Jendela serta pengamanannya sangat penting diperhatikan. Jika perlu diberi pengamanan tambahan. Selain kunci tambahan bisa diberi layer tambahan di daun jendela. Supaya hidup menjadi aman dan nyaman, jangan sampai mempengaruhi konsentrasi kerja Anda di tempat kerja.

Jarak yang demikian dekat dengan tetangga, hanya dibatasi oleh dinding dan masih dalam satu atap. Sebagai orang timur, faktor sosial budaya masih sangat kental. Keluarga saling  datang berkunjung sering dilakukan. Perlu dipikirkan privacy tetangga, dengan hadirnya keluarga yang banyak sangat mempengaruhi kenyamanan penghuni lain.

Kebersihan apartemen memang nomor satu. Anda tidak perlu khawatir untuk membuang hal kebersihan, keamanan, dan pemakaian fasilitas. Tentunya dengan biaya service yang lumayan, seimbang dengan pemakaian fasilitas apartemen, seperti jogging track, kolam renang, dsb.

Aspek di atas bila sudah dapat dijawab dan tidk menjadi masalah, maka hidup di apartemen memang sangat nyaman. Tingkat keamanan lingkungan boleh lah tidak perlu dikhawatirkan 24 jam security berjaga. Tidak sembarang tamu masuk menemui penghuni, sebelum melewati beberapa pos belum lagi pertanyaan pak satpam yang begitu detail.

Bila ditambah lokasi dekat dengan tempat kerja, kebutuhan ruang cukup memadai, gaya hidup pun dapat mengikuti, belum lagi mendapatkan lokasi apartemen yang sangat strategis dan memiliki fasilitas olah raga yang baik, hidup di apartemen memang menyenangkan.


Sumber : www.property.okezone.com/tinggal-di-apartemen-dipertimbangkan-lebih-dulu

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar