Senin, 30 Januari 2012

Megaproyek Earthscraper Bermula dari Kompetisi

detail berita
Esteban Suarez (Foto : Dok http://www10.aeccafe.com)
JAKARTA - Proyek gedung pencakar bumi atau earthscraper besutan arsitek asal Meksiko, Esteban Suarez, menghebohkan dunia arsitektur.

Jika sebelumnya bangunan Burj Khalifa, Burj Al-Abrar dan Empire State Building masuk sebagai sejarah pencakar langit yang menjadi fenomena dunia abad 21, gedung earthscraper akan menjadi babak baru dalam dunia arsitektur.

Berbagai media asing mengulas bangunan unik tersebut, sebagai mahakarya. Namun ternyata, bangunan itu awalnya tercetus dari sebuah kompetisi di Meksiko. Kompetisi itu memuat tantangan mengenai bangunan perkotaan.

Esteban dan tim BNKR Arquitectura mengikuti kontes tersebut dengan idenya yang tidak biasa. Dia men-design sebuah bagunan menjulang ke dalam perut bumi. Alasannya sangat simpel, di negaranya, terdapat sebuah aturan yang ketat mengenai tata bangunan.

Apalagi, lokasi yang dipilih oleh pria 32 tahun ini di bawah wilayah bersejarah di alun-alun Mexico City Central Plaza atau yang biasa disebut Zocalo oleh masyarakat setempat.

Bagaimana cerita awal proyek ini? Berikut kutipan wawancara okezone dengan Esteban Suarez, akhir pekan lalu.

Bagaimana awal tercetusnya project Earthscraper (pencakar bumi) pertama dunia di Mexico?

Proyek ini awalnya merupakan proposal untuk kompetisi internasional berkonsep gedung pencakar langit. Sejak itu telah mendapatkan eksposur signifikan dari media dan mendapat respons yang baik.

Apa yang menjadi alasan dibangunnya pencakar bumi?

Motivasi di balik proyek ini adalah untuk mengembangkan jenis konstruksi baru, yang bisa menjadi cara untuk mengembangkan pusat kota. Di mana pengembangan kota sangat penting bagi aspek sosial dan politik. Namun dibangun secara menurun, karena keterbatasan dan aturan batasan bangunan.

Bisakah Anda menjelaskan design pencakar bumi secara detail?

Kami pertama-tama ingin menyatakan bahwa earthscraper merefleksikan respons kami terhadap situs yang terletak di pusat kota.

Gedung pencakar bumi ini terletak di bawah sebuah situs yang sangat penting bagi Meksiko, yakni Pusat Sejarah Meksiko City (Historic Center of Mexico).

Pembangunan gedung pencakar bumi ini sebagai satu-satunya solusi yang memungkinkan untuk menciptakan ruang hunian, ritel dan kantor modern.

Mengapa Anda memilih earthscraper?

Di daerah ini (Historic Center of Mexico), diberlakukan sebuah aturan tata bangunan yang ketat. Wilayah di pusat sejarah ini sangat memiliki keterbatasan dalam pengembangan, Jadi, alasannya karena pembatasan ini.

Artinya proyek ini tidak akan menghapus nilai sejarah?

Proyek gedung pencakar bumi ini berusaha untuk menghormati kedua cakrawala, yakni  melindungi daerah terbuka situs sejarah dan sekaligus secara radikal mengubah sifat daerah ini. Pembangunan ini sebuah revitalisasi, sekaligus membuka lembaran era baru.

Ini menghormati kedua nilai ruang kosong dan densifikasi tinggi. Ini akan menjadi jenis gedung landmark baru, baik dari segi invisible dan monumental. (Bersambung)


Sumber : www.property.okezone.com/megaproyek-earthscraper-bermula-dari-kompetisi

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar