Selasa, 31 Januari 2012

Kenali Bagian Terkotor dari Hunian Anda

detail berita
Foto: Membersihkan rumah/ squidoo.com
JAKARTA - Rumah yang baik, bukan hanya menawarkan kemewahan dan ruang yang leluasa untuk dinikmati. Pun tidak hanya sekadar rapih, tetapi juga harus bersih agar penghuni rumah lebih nyaman dan terhindar dari bermacam penyakit.

Merupakan hal yang wajar jika Anda hanya membersihkan bagian yang sama pada rumah. Namun, tahukah ada beberapa bagian yang sebenarnya bisa menyandang gelar paling kotor pada rumah Anda?

Untuk itu, sebaiknya Anda perlu mengetahui bagian apa yang paling kotor. Sehingga ketika berencana untuk membersihkan rumah, bagian tersebut tidak terabaikan. Berikut ulasannya, seperti dinukil laman The Nest, Senin (30/1/2012):

1. Pegangan pintu dan lemari.
Pegangan pintu dan pegangan lemari merupakan bagian rumah yang paling kotor. Pasalnya, ada ribuan bakteri yang menempel seiring banyaknya orang yang memegang handle tersebut.

Untuk membersihkannya, tidak begitu sulit. Anda cukup mengambil kain lap dan menyemprotkan disinfektan pada kain dan usapkan perlahan dengan gerakan memutar. Pastikan untuk menyesuaikan material pegangan pintu, gunakan kain lap dengan serat lembut agar tidak menggoresnya.

2. Toilet.
Kakus mungkin terdengar wajar jika dinobatkan sebagai tempat yang paling kotor dirumah. Tentunya Anda telah mengetahui, untuk aktivitas apa saja yang dilakukan di sana.

Untuk membersihkannya, tidak ada alternatif lain selain menggosoknya. Agar menggosok kakus lebih mudah, belilah cairan pembersih yang ampuh merontokkan bakteri yang mengendap di bawah kakus, namun ramah terhadap lapisan keramiknya.

Dengan begitu, tidak perlu menggosok hingga berulang kali guna mendapat kakus yang bersih nan sehat. Setelah bersih, Anda bisa letakkan kamper di sudut dekat kakus, atau kantong pewangi yang bisa digantung di kakus duduk.

3. Bak mandi dan bathtub.
Jika tidak dibersihkan, bak mandi atau pun bathtub akan menjadi sarang bakteri culprit yang bisa menyebabkan gatal-gatal pada kulit. Baik dalam keadaan kering maupun basah, bakteri tersebut tetap bisa hidup.

Sebelum membersihkannya, surutkan air pada bak mandi atau keringkan bathtub. Periksa bagian bak yang paling kotor. Semprotkan air, dan mulai menggosok pada terkotor menggunakan sikat atau sponge lebih dahulu, yang diikuti dengan membersihkan secara keseluruhan. Ulangi sekali lagi jika dibutuhkan.

4. Dapur dan lantai kamar mandi.
Baik dapur dan lantai kamar mandi, keduanya merupakan tempat yang paling banyak dilalui penghuni rumah. Selain itu, sampah makanan dekat tempat pencucian piring dan keset merupakan sarang kuman yang perlu Anda waspadai, terlebih jika memiliki hewan peliharaan.

Untuk itu, bersihkanlah dapur dan lantai kamar mandi secara teratur, semisal seminggu sekali atau sebulan sekali. Sikat lantainnya menggunakan sikat lantai yang disesuaikan dengan jenis keramiknya terlebih dahulu. Gunakan bersamaan dengan air yang telah dicampur dengan detergen pembersih.

5. Kipas Angin plafon (Ceiling fan).
Cieling fans mungkin tempat yang kerap terabaikan oleh Anda ketika membersihkan rumah. Tetapi, jika Anda lihat pada tiap bilah baling-balingnya jangan heran bila terdapat banyak debu.

Bayangkan debu-debu tersebut menyebar setiap kali kipas angin digunakan, tidak hanya berupa bakteri, tetapi virus pun bisa menyebar melalui kipas angin.

Oleh karena itu, bersihkanlah secara rutin. Tidak perlu mencopot kipas terlebih dulu, kenakan masker untuk melindungi hidung Anda, dan mulai kibas perlahan dengan kemoceng, setelah sebagian debu hilang, segera lap dengan menggunakan kain lap yang telah dibasahkan.



Sumber : www.property.okezone.com/kenali-bagian-terkotor-dari-hunian-anda

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar