Senin, 30 Januari 2012

Esteban: Earthscraper Melalui Penelitian Intensif

detail berita
Skema Earthscraper (Dok : http://www.archdaily.com)
JAKARTA - Banyak kalangan yang menilai proyek gedung pencakar bumi (earthscraper) sangat riskan bagi keamanan penghuninya. Namun sang arsitek, Esteban Suarez, mengatakan bahwa bangunan ambisius ini akan aman.

Esteban denan tegas menyatakan, proyek ini tidak dibangun sembarangan. Dia telah melakukan sebuah penelitian yang intensif guna memastikan bangunan ini layak huni.

Namun, dia mengakui, bahwa dalam merealisasikan megaproyek ini harus dikerjakan secara hati-hati, sehingga kebutuhan pengunjung pertokoan ataupun penghuni kantor dan hunian di bawah kedalaman 300 meter ini dipastikan nyaman.

Arsitek Meksiko ini juga secara terang-terangan, dalam menggarap proyek ini akan menghadapi berbagai tantangan. Apa saja yang menjadi kendala? Berikut lanjutan wawancara dengan Esteban Suarez dengan okezone, akhir pekan ini.

Apakah lokasi yang dipilih sudah tepat? Apa pertimbangannya?


Bangunan pencakar perut bumi merupakan sebuah solusi spesifik dari sebuah keadaan, yakni tingginya permintaan lahan, sentralisasi, dan aturan pembatasan pembangunan gedung pencakar langit (karena adanya situs sejarah di pusat kota).

Apa keunggulannya project ini ?

Manfaat earthscraper adalah bahwa gedung pencakar bumi ini bisa dibangun pada sebuah daerah, di mana bangunan pencakar langit secara hukum dilarang.

Banyak kalangan yang menilai bangunan itu sangat riskan, bagaimana menurut Anda?

Ini adalah sebuah proyek ambisius dan eksperimental. Jadi kami  melibatkan penelitian intensif ke dalam sebuah jenis konstruksi. Ini dilakukan dalam rangka untuk memastikan tidak ada risiko.

Di mana letak risiko yang akan timbul dalam gedung tersebut, dan bagaimana antisipasinya?


Tantangan teknis dalam desain antara lain bagaimana menangani adanya jalur groundwater (air tanah), bagaimana proses penggalian dan bentuk rongga ditangani, bagaimana mengelola cahaya dalam gedung, dan bagaimana kualitas udara dapat tetap terjaga.

Juga, kami percaya salah satu tantangan utama yang dapat kami raih adalah memastikan orang dapat keluar dari gedung dalam situasi darurat, seperti banjir, kebakaran atau gempa bumi.


Sumber : www.property.okezone.com/esteban-earthscraper-melalui-penelitian-intensif

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar