Selasa, 31 Januari 2012

Rasa dalam Lukisan

JAKARTA - Karya seni selalu dikaitkan dengan gaya hidup dan memiliki nilai tinggi. Apakah itu lukisan, ukiran, patung, atau bahkan bentuk karya yang lain, semua bisa menambah nilai estetika ruangan.

Setiap lukisan memiliki aliran tersendiri. Beberapa lukisan yang sering diaplikasikan di rumah, yaitu lukisan aliran surealis, realis, kontemporer, dan masih banyak aliran lain. Jenis aliran lukisan tersebut bisa disesuaikan dengan tema utama bangunan rumah.

Walaupun demikian, aliran, bentuk, dan gambar yang cantik dari sebuah lukisan akan tidak bernilai bila teknik pemasangannya tidak tepat. Menurut Gede, untuk meletakkan sebuah lukisan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu eksklusivitas dan nilai lukisan terhadap konsep ruang.

"Lukisan memiliki satu nilai estetika yang tidak banyak orang mengerti. Hanya segelintir orang yang mampu menghayatinya dan mengidentifikasi orisinalitas sebuah lukisan. Semua komponen di dalamnya memiliki nilai prestisius yang tinggi. Untuk itu, konsep ruang perlu disesuaikan dengan lukisannya," papar pemilik galeri lukisan di Jakarta I Gede Kusuma.

Lukisan juga berpengaruh pada dimensi ruang. Hal tersebut selalu berhubungan dengan proporsi dan tema ruang yang harus disesuaikan dengan warna, tema, dan aliran lukisan, beserta filosofinya. Anda tidak bisa asal meletakkan suatu lukisan di dalam ruangan. Salah sedikit saja, rumah Anda bukan menjadi bernilai lebih, tapi malah terkesan berantakan.

Hal yang tidak kalah penting, yaitu komposisi serta artikulasi warna, ruang bidang, dan fixed furnitur dalam ruangan. Ade mengatakan, untuk mengetahui komposisi yang tepat secara bidang, visualisasi, dan warna, yang paling dibutuhkan adalah kemampuan atau rasa dalam memvisualisasikan gambar.

Komposisi warna sangat menentukan untuk sebuah lukisan. Penataan pola tersebut sangat penting untuk konsep arsitektur yang bersinergi dengan lukisan yang dibuat. Apakah Anda ingin menonjolkan sisi keindahan atau menampilkan suatu kesan yang biasa saja. Sebagai sentuhan akhir, lukisan juga butuh cahaya. Sebenarnya lukisan sendiri sudah tampil menonjol. Namun, untuk memunculkan kesan tertentu, Anda bisa memberikan spotlight.


Sumber : www.property.okezone.com/rasa-dalam-lukisan

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar