Senin, 30 Januari 2012

Daya Pikat Kolam dan Batu Koral

detail berita
foto: kolam di taman/aryo.gardendesign.blogspot
JAKARTA - Gemericik air dari kolam serta deretan tanaman hijau segar yang menggoda mata dapat memberikan ketenangan dan kesejukan sebuah taman di pekarangan rumah. Jika Anda menginginkan nuansanya lebih natural dan dekat dengan alam, penambahan hiasan seperti batu koral bisa menjadi pilihan yang tepat.

Air selalu mampu memberikan kedamaian serta ketenangan. Air juga bisa menjadi terapi pikiran dan jiwa. Kehadiran kolam di taman dapat menciptakan atmosfer ketenangan serta keindahan yang natural untuk sebuah hunian.

Dalam membuatnya pun, Anda tidak perlu membayar mahal demi mendatangkan seseorang yang ahli. Cukup dengan desain simpel dan beberapa tambahan aksesori lain, maka kolam ikan segar dan cantik dapat Anda hadirkan di taman rumah.

Arsitek lanskap Herlin Wibowo menuturkan, untuk membuat kolam ikan, Anda sebenarnya tidak memerlukan lahan yang terlalu luas. Lahan berukuran 1x1,5 meter persegi saja sudah bisa dimanfaatkan untuk membuat kolam kecil nan asri. Apalagi, bidang vertikal kolam alias dindingnya dapat ditampilkan dengan menggunakan dekorasi berbentuk jeram-jeram atau dinding batu alam.

Tidak terbatas pada tahap pembuatannya saja, Anda juga harus memperhatikan kedalaman minimal kolam ikan tersebut. "Kedalaman kolam yang optimal sebaiknya sekitar 50 sentimeter dengan tinggi permukaan air dari dasar kolam sekitar 35 sentimeter. Tapi, bagian kolam yang ukurannya lebih dari 3x4 meter persegi harus diberi konstruksi beton yang kuat agar tidak retak dan bocor,"sebut Herlin.

Sama seperti bagian rumah pada umumnya, kolam ikan juga memerlukan perawatan yang baik dan rutin. Sebaiknya, sebelum memutuskan membuat kolam,  Anda memperhatikan terlebih dulu fungsi kolam tersebut. Jika kolam Anda ingin diisi ikan hias, jenis ikan harus disesuaikan dengan kolam yang akan dibuat. Apabila Anda ingin memelihara ikan koi, kedalaman kolam minimal harus satu meter karena hal ini bakal berkaitan dengan mutu koi serta pertumbuhannya.

Satu lagi yang tak kalah penting,  yakni pemilihan aksesori yang tepat untuk memberikan keindahan di kolam Anda. Misalnya dengan menggunakan dekorasi batu koral. Batu koral hias memang memiliki kemilaunya tersendiri sebagai sebuah dekorasi taman di kolam. Batu hias ini juga memiliki variasi jenis serta warna yang bisa memesona bagian taman Anda seperti putih, merah hati, atau hitam.

Sumber : www.property.okezone.com/daya-pikat-kolam-dan-batu-koral

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar